Penulis Utama : Reiganita Syarifah Nafiah
NIM / NIP : B0119053
×

Reiganita Syarifah Nafiah. B0119053. 2023. Bab Anyatakakên Angsaling Wêktu Lêlima (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana suntingan teks naskah BAAWL yang bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi? (2) Bagaimanakah isi yang terkandung di dalam naskah BAAWL yang berhubungan dengan pengertian salat berdasarkan asal-usul salat, simbol gerakan salat, martabat salat, dan olah rasa dalam salat?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menyajikan suntingan teks naskah BAAWL yang bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi. (2) Mengungkap atau mendeskripsikan isi yang terkandung di dalam naskah BAAWL yang berhubungan dengan pengertian salat berdasarkan asal usul waktu salat, simbol gerakan salat, martabat salat, dan olah rasa dalam salat.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologi yang bersifat deskriptif kualitataif. Jenis penelitian adalah penelitian pustaka (Library Research). Sumber data penelitian ini adalah naskah BAAWL koleksi Perpustakaan Reksapustaka Mangkunegaran Surakarta dengan nomor katalog A90. Data penelitian ini adalah teks naskah dan kandungan isi mengenai pengertian salat.

Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi, dilanjutkan dengan pengecekan data secara langsung di tempat penyimpanan naskah. Pemotretan naskah dengan menggunakan scanner dan menghasilkan gambar JPG. Tahap selanjutnya melakukan deskripsi naskah dan transliterasi dengan membaca dan mencatat. Teknik analisis data melalui cara kerja penelitian filologi. Metode yang diterapkan yaitu edisi kritis atau metode edisi standar dalam proses penyuntingan teks. Dilanjutkan dengan analisis isi menggunakan model analisis interaktif.

Simpulan penelitian ini adalah (1) Naskah BAAWL merupakan naskah tunggal yang tersimpan di Perpustakaan Reksapustaka Mangkunegaran dengan nomor katalog A90. Naskah telah ditransliterasi dan dikritisi, sehingga diperoleh suntingan teks yang bersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.  Ditemukan adanya varian atau kesalahan penulisan sebanyak 179 yang meliputi 116 lakuna, 31 adisi, 29 hiperkorek, 3 ketidakkonsistenan. (2) Naskah BAAWL berisi 25 bab mengenai laku spiritual manusia untuk menjadi manusia sempurna atau insan kamil. Penelitian ini menguraikan mengenai pengertian salat yang meliputi: asal-usul waktu salat, simbol gerakan salat, martabat salat, dan olah rasa dalam salat.

×
Penulis Utama : Reiganita Syarifah Nafiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119053
Tahun : 2023
Judul : BAB ANYATAKAKÊN ANGSALING WÊKTU LÊLIMA (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : naskah BAAWL, filologi, salat.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
2. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.