Penulis Utama : Dewi Novia Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh penggunaan faktor leverage terhadap nilai perusahaan (kajian empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEJ 2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201043-2005
Subyek : BURSA EFEK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan kajian empiris mengenai perusahaan manufaktur go public di Indonesia pada tahun 2003, yaitu berusaha mengetahui pengaruh penggunaan faktor leverage terhadap nilai perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah nilai perusahaan. Berdasarkan variabel-variabel tersebut, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian adalah leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur go public yang datanya tercatat di Bursa Efek Jakarta pada Tahun 2003. Sedangkan sampel penelitiannya adalah perusahaan-perusahaan yang memenuhi kriteria: (1) Sampel adalah perusahaan manufaktur yang sudah go public sebelum tanggal 31 Desember 2003. Sebab laporan keuangan yang diamati dalam penelitian ini harus telah dipublikasikan tanggal 31 Desember 2003. (2)Laporan keuangan perusahaan manufaktur yang menjadi sampel tersebut diterbitkan tanggal 31 Desember tahun 2003. (3) Merupakan perusahaan manufaktur besar diukur dari total asset yang dimiliki, yaitu perusahaan yang mempunyai total asset lebih dari seratus milyar rupiah. (4) Data yang tersedia komplit (data secara keseluruhan tersedia pada publikasi periode Desember 2003). Sampel yang memenuhi kriteria tersebut berjumlah 31 perusahaan.

Sebelum dilakukan analisis, data diuji mengenai normalitasnya. Untuk mengetahui pengaruh variabel independen dan variabel dependen, digunakan analisis regresi sederhana dengan pengujian nilai t.

Hasil penelitian ini menunjukkan, variabel independen (leverage) mempunyai pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel dependen (nilai perusahaan)  karena memiliki thitung lebih besar dari ttabel (4,291> 2,045). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa semakin tinggi leverage akan semakin besar nilai perusahaan. Namun, perlu juga diperhatikan biaya kebangkrutan yang terjadi apabila perusahaan menggunakan leverage yang besar. Sehingga penulis menyarankan kepada perusahaan-perusahaan untuk memperhatikan biaya kebangkrutan yang akan timbul dengan adanya penambahan hutang. Jika biaya tersebut masih lebih rendah dari manfaat perlindungan pajak, maka penambahan hutang perlu dilakukan karena akan meningkatkan nilai perusahaan. Namun jika biaya kebangkrutan yang terjadi dengan adanya penambahan hutang tersebut lebih besar daripada manfaat yang diperoleh dari perlindungan pajak, maka sebaiknya perusahaan tidak menambah hutang, karena penambahan hutang ini akan menurunkan nilai perusahaan.

 Penelitian ini juga menghasilkan  koefisien determinasi sebesar 0,367 yang berarti 36,7% variasi variabel dependen (nilai perusahaan) yang dapat dijelaskan oleh variabel independen (leverage). Dengan demikian, masih ada variabel lain di luar model yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan sehingga penulis menyarankan untuk penelitian berikutnya hendaknya menggunakan variabel independen lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap nilai perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis