Penulis Utama : Bobby Sidqillah Febriansyah
NIM / NIP : B0119013
×

Bobby Sidqillah Febriansyah. B0119013. 2023. Pemanfaatan Potensi Bahasa pada Tembang Macapat Covid-19 di Channel Youtube Kraton Jogja (Kajian Stilistika). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah, fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan aspek bunyi dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, (2) mendeskripsikan aspek morfologis dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, (3) mendeskripsikan diksi dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, (4) mendeskripsikan gaya bahasa dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa transkrip larik tembang macapat yang terdapat aspek bunyi, kekhasan morfologis, diksi dan gaya bahasa beserta konteksnya. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan tembang macapat vol.2 dan vol.3 yang terdapat di channel youtube Kraton Jogja. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan catat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode distribusional dan metode padan. Metode distribusional digunakan untuk menganalisis aspek bunyi, aspek morfologi, dan diksi dengan teknik BUL (Bagi Unsur Langsung) dan teknik lanjutan berupa teknik ganti. Adapun metode padan digunakan untuk menganalisis diksi dan gaya bahasa dengan teknik PUP (Pilah Unsur Penentu) dengan daya pilah referensial. Metode penyajian hasil analsis data pada penelitian ini menggunakan metode formal dan informal.

Hasil analisis data penelitian ini, adalah (1) aspek bunyi yang ditemukan dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, yaitu Asonansi/puwakanthi swara, aliterasi/purwakanthi sastra, purwakanthi basa, (2) kekhasan morfologis yang ditemukan dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, yaitu afiksasi (prefiks, sufiks, infiks, dan konfiks), reduplikasi (dwipurwa, dwipurwa berafiks, dwilingga, dwilingga berafiks), dan komposisi (tembung camboran), (3) diksi atau pilihan kata yang ditemukan dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, yaitu sinonim, antonim, protesis, epentesis, tembung saroja, tembung wancahan, tembung plutan, tembung garba, kata seru, sasmita tembang, dan idiom, (4) gaya bahasa yang ditemukan dalam tembang macapat Covid-19 di channel youtube Kraton Jogja, yaitu epizeuksis, anadiplosis, anafora, mesodiplosis, klimaks, anastrof, simile, dan epitet.

 

 

×
Penulis Utama : Bobby Sidqillah Febriansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119013
Tahun : 2023
Judul : Pemanfaatan Potensi Bahasa Jawa pada Tembang Macapat Covid-19 di Channel Youtube Kraton Jogja (Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Potensi bahasa, tembang macapat, covid-19, stilistika.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah Rais, M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah Rais, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.