Penulis Utama : Okty Widyarti
NIM / NIP : K7119206
×

Okty Widyarti. K7119206. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Juni 2023.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran RADEC (read, answer, discuss, explain, and create), (2) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif IPA materi perubahan suhu dan wujud benda melalui penerapan model RADEC, dan (3) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda melalui penerapan model RADEC. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas VA SDN 1 Kebumen. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model RADEC dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 dilaksanakan dengan melalui lima langkah, yaitu: (1) read, (2) answer, (3) discuss, (4) explain, dan (5) review memperoleh persentase sebesar 74.83%%, siklus II sebesar 86.12%, dan siklus III 87.99%; (2) penerapan model pembelajaran RADEC dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh bahwa terdapat peningkatan pada setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 67.27% untuk siklus I, 81.73% untuk siklus II, dan 86.63% untuk siklus III. Peningkatan tersebut dapat terlihat dalam kegiatan pembelajaran seperti saat siswa aktif menjawab pertanyaan guru dan bertukar pendapat dalam diskusi. Selain itu hasil evaluasi siswa menunjukkan peningkatan yang cukup baik berdasarkan jawaban yang dituliskan siswa; (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran RADEC pada pembelajaran IPA materi perubahan suhu dan wujud benda untuk meningkat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VA SD Negeri 1 Kebumen tahun ajaran 2022/2023 meningkat, Hal itu dapat dibuktikan dari data hasil observasi dan wawancara yang diperoleh mengenai respon siswa dengan rata-rata persentase untuk siklus I 66.49%, siklus II 80.73%, sedangkan siklus III meningkat kembali menjadi 86.11%. Siswa pada umumnya menjadi lebih antusias saat menggunakan model RADEC dari pada menggunakan model yang konvensional. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam pembelajaran dan memberikan respon yang positif, sehingga siswa menganggap pembelajaran IPA menyenangkan dan bermakna. 

×
Penulis Utama : Okty Widyarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119206
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran IPA tentang Perubahan Suhu dan Wujud Benda untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Siswa Kelas VA SD Negeri 1 Kebumen Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : RADEC, berpikir kreatif, respon siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.