Penulis Utama : Laily Nurfauziyah
NIM / NIP : B0519031
×

Laily Nurfauziyah. B0519031. 2019. Bentuk Penganiayaan dan Dampaknya Terhadap Anak dalam Novel Al-Ughniyyatu’d-Da>`iriyyah Karya Nawal As-Sa'da>wiy. Skripsi: Program Studi Sastra Arab, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Alasan yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah tingginya angka pengabaian terhadap anak (neglect of children) berdasarkan data WHO tahun 2021 di wilayah Mediterania Timur, termasuk Mesir. Pengabaian terhadap anak (neglect of children) dan kekerasan terhadap anak (abuse of children) merupakan bagian dari penganiayaan terhadap anak (child maltreatment). Novel Al-Ughniyyatu’d-Da>`iriyyah karya Nawa>l As-Sa’da>wiy merupakan salah satu novel berlatar negara Mesir dan menceritakan tentang sepasang anak kembar, Hamida dan Hamido yang kerap mendapatkan penganiayaan dari orang-orang dewasa di sekitarnya.

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini dapat dirumuskan menjadi: (1) Apa bentuk-bentuk penganiayaan yang terdapat dalam novel Al-Ughniyyatu’d-Da>`iriyyah karya Nawa>l As-Sa’da>wiy dan (2) Bagaimana penganiayaan tersebut berdampak pada tokoh-tokoh di dalamnya. Bentuk penganiayaan dan dampaknya tersebut dianalisis dari data berupa kata, kalimat, paragraf, atau konteks dalam novel Al-Ughniyyatu’d-Da>`iriyyah  karya Nawa>l As-Sa’da>wiy. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif berdasarkan teori penganiayaan terhadap anak Monica McCoy dan Stefanie McKeen dan diperkuat dengan kutipan-kutipan yang berasal dari artikel penelitian, buku, atau dokumen resmi lainnya.

Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) terdapat bentuk penganiayaan terhadap anak berupa tiga jenis kekerasan terhadap anak dalam novel yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikologis, dan kekerasan seksual; dan empat jenis pengabaian terhadap anak yaitu pengabaian psikologis, pengabaian fisik, pengabaian medis, dan penelantaran. (2) Penganiayaan terhadap anak tersebut menimbulkan dampak psikologis dan fisik dalam diri anak-anak korban. Dampak psikologis yang timbul berupa emosi negatif, gangguan proses berpikir, imobilitas tonik, dan kilas balik peristiwa traumatis. Dampak fisik yang timbul adalah luka, kehamilan, kelelahan, dan gangguan kesehatan.

×
Penulis Utama : Laily Nurfauziyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0519031
Tahun : 2023
Judul : BENTUK PENGANIAYAAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP ANAK DALAM NOVEL AL-UGHNIYYATU’D-D? ?IRIYYAH KARYA NAWA<L AS-SA’DA<WIY
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : penganiayaan, kekerasan, pengabaian, dampak
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Reza Sukma Nugraha, M.Hum.
2. Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Arifuddin, Lc. M.A.
2. Abdul Malik, S.S., M.Hum.
3. Dr. Reza Sukma Nugraha, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.