Penulis Utama : Nia Septiana Dewitra
NIM / NIP : V0220051
×

Nia Septiana Dewitra, V0220051. 2023. Strategi Pengembangan Puro Mangkunegaran sebagai Daya Tarik Wisata di Surakarta. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Puro Mangkunegaran merupakan salah satu obyek wisata dan pusat kebudayaan Jawa yang ada di Kota Surakarta. Puro Mangkunegaran memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan untuk dijadikan daya tarik wisata yang ada di Surakarta. Disaat Kanjeng Gusti Bhre naik tahta Mangkunegara X, Puro Mangkunegaran sedikit demi sedikit melakukan pengembangan potensi yang dimiliki. Namun seiring dengan perkembangan yang dilakukan, Puro Mangkunegaran juga mengalami beberapa kendala dalam melakukan perkembangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang ada serta mengetahui kendala dan solusi yang dihadapi selama ini di Puro Mangkunegaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data ditempuh dengan melakukan observasi dengan melakukan pengamatan langsung di Puro Mangkunegaran. Teknik wawancara kepada kepala pengelola pariwisata Puro Mangkunegaran dilakukan untuk memperoleh data. Studi pustaka digunakan untuk mendapatkan referensi di Rekso Pustoko perpustakaan Puro Mangkunegaran.

Hasil dari penelitian ini adalah mengenai strategi pengembangan di Puro Mangkunegaran seperti membangun Pracima Tuin, menyelenggarakan berbagai event di lingkungan Puro Mangkunegran, membuat paket wisata, dan melakukan promosi di media sosial. Strategi yang dilakukan sudah bagus namun juga masih mengalami kendala seperti kurangnya dana operasional, kurangnya fasilitas, kurangnya SDM local guide, dan kurangnya sumber informasi untuk pengunjung. Dalam beberapa kendala tersebut pengelola juga sudah mempunyai solusi, namun memang belum semua kendala yang dihadapi mempunyai solusi.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam pengembangan Puro Mangkunegaran agar menjadi daya tarik wisata di Surakarta perlu mengoptimalkan lagi strategi-strategi yang sudah ada, memperbanyak dan menetapkan atraksi wisata, meningkatkan promosi di media sosial yang lebih luas lagi tidak hanya di instagram resmi Puro Mangkunegaran saja, meningkatkan kenyamanan wisatawan untuk lebih fleksibel dalam mengunjungi Pracima Tuin, serta memasang announcement tata cara memasuki museum Puro Mangkunegaran untuk kenyamanan wisatawan.

×
Penulis Utama : Nia Septiana Dewitra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0220051
Tahun : 2023
Judul : Strategi Pengembangan Puro Mangkunegaran Sebagai Daya Tarik Wisata Di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : strategi, daya tarik wisata, Puro Mangkunegaran, pariwisata
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Alma Huwaida Ramadhani, S.S., M.A.
Penguji : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.