Penulis Utama : Trisnawati
NIM / NIP : K7119263
×

 

Trisnawati. Pembimbing I: Dr. Moh. Salimi, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Wahyudi, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BANTUAN LKPD ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023. 

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL dengan bantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan pembelajaran IPA tema Peristiwa dalam Kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2022/2023; (2) meningkatkan pembelajaran IPA tema Peristiwa dalam Kehidupan melalui penerapan model PBL dengan bantuan LKPD elektronik pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2022/2023; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model PBL dengan bantuan LKPD elektronik untuk meningkatkan pembelajaran IPA tema Peristiwa dalam Kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan prosedur penelitian dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2022/2023, sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PBL dengan bantuan LKPD elektronik dilaksanakan melalui lima langkah yaitu: melakukan orientasi masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing siswa dalam penyelidikan, mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi, menganalisis dan mengevaluasi hasil diskusi dengan bantuan LKPD elektronik. Berdasarkan hasil observasi, menunjukkan bahwa persentase rerata guru mencapai 93% dan siswa mencapai 92.33%; (2) peningkatan pembelajaran ditunjukkan pada peningkatan hasil belajar afektif siklus I = 81.82%, siklus II = 84.82%, dan siklus III = 88.39%. Hasil belajar psikomotor siklus I = 80.66%, siklus II = 84.24%, dan siklus III = 89.11%. Hasil belajar kognitif siklus I = 69.64%, siklus II = 80.35%, dan siklus III = 92.86%; (3) kendala yang terjadi antara lain: siswa pasif dalam memberikan tanggapan dan siswa mendapatkan tugas lebih banyak. Solusi yang dilakukan yaitu: guru memberikan motivasi dan apresiasi kepada siswa yang berani menanggapi, serta memastikan setiap siswa mengerjakan tugas dan membagi kelompok secara adil.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL dengan LKPD elektronik dapat meningkatkan pembelajaran IPA tema Peristiwa dalam Kehidupan pada siswa kelas V SD Negeri Kembaran tahun ajaran 2022/2023. 

Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), LKPD Elektronik, Pembelajaran IPA

×
Penulis Utama : Trisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119263
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Bantuan LKPD Elektronik Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Tema Peristiwa dalam Kehidupan pada Siswa Kelas V SD Negeri Kembaran Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), LKPD Elektronik, Pembelajaran IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Salimi, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.