Penulis Utama : Nathavania Gabriela Mulia Karina
NIM / NIP : R0219063
×

Nathavania Gabriela Mulia Karina, R0219063, 2023. Hubungan Kelelahan Kerja dan Iklim Keselamatan Kerja dengan Tindakan Tidak Aman Pekerja Bagian Produksi PT Innagroup Textile Manufacture Klaten, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang: Tindakan tidak aman merupakan kesalahan maupun pelanggaran yang dilakukan pekerja saat bekerja, yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Tindakan tidak aman dapat disebabkan oleh kelelahan kerja dan iklim keselamatan kerja. Hasil survey awal menunjukkan bahwa 27% pekerja melakukan tindakan tidak aman tinggi, 46% pekerja melakukan tindakan tidak aman sedang, 27% pekerja melakukan tindakan tidak aman tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kelelahan kerja dan iklim keselamatan kerja dengan tindakan tidak aman pekerja bagian produksi PT Innagroup Textile Manufacture Klaten.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 161 pekerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga jumlah sampel yaitu 47 pekerja. Subyek pada penelitian ini yaitu pekerja bagian produksi PT Innagroup Textile Manufacture Klaten. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan reaction timer untuk mengukur tingkat kelelahan kerja dan kuesioner untuk mengukur tingkat iklim keselamatan kerja dan tindakan tidak aman. Teknik analisis data yang digunakan untuk analisis bivariat adalah uji somers’d dan untuk analisis multivariat menggunakan uji regresi ordinal.

Hasil: Hasil uji korelasi somers’d menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara kelelahan kerja dengan tindakan tidak aman (p=0,000) dan terdapat hubungan signifikan antara iklim keselamatan kerja dengan tindakan tidak aman (p=0,000). Uji regresi ordinal menunjukkan variabel iklim keselamatan kerja paling berpengaruh terhadap tindakan tidak aman (p=0,001; Exp(B)=5,830).

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara kelelahan kerja dan iklim keselamatan kerja dengan tindakan tidak aman pekerja bagian produksi PT Innagroup Textile Manufacture Klaten. 

×
Penulis Utama : Nathavania Gabriela Mulia Karina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219063
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Kelelahan Kerja dan Iklim Keselamatan Kerja dengan Tindakan Tidak Aman Pekerja Bagian Produksi PT Innagroup Textile Manufacture Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kelelahan kerja, iklim keselamatan kerja, tindakan tidak aman.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.
2. Heni Hastuti, dr., M.PH.
Penguji : 1. Tutug Bolet Atmojo, S.KM., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.