Penulis Utama : Kennes Putri Lestari
NIM / NIP : E0019225
×

ABSTRAK

 

Kennes Putri Lestari. 2022. E0019225. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT PRA SEJAHTERA YANG BELUM MERASAKAN AKSELERASI PROGRAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL (Studi di Kelurahan Mojosongo Surakarta dan Desa Truwolu Grobogan). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Terus menyebarnya Coronavirus disease 2019 mengakibatkan masyarakat mengalami hambatan atau bahkan kehilangan pekerjaannya, sehingga penurunan pendapatan semakin terasa. Sehingga perlu dilakukannya pengawasan selama keberlangsungan program Pemulihan Ekonomi Nasional atau yang disingkat dengan PEN, beserta perlindungan hukum yang mengikuti. Sehingga dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 baik berupa dampak sosial hingga ekonomi, mencakup program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah yang dalam penulisan ini berfokus pada program pemulihan ekonomi nasional perlindungan sosial. Permasalahan yang akan dibahas ialah mengenai tidak terpenuhinya hak-hak masyarakat penerima manfaat, serta seperti apa perlindungan hukum dari persoalan tersebut.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dan empiris dengan menggunakan fakta empiris dari perilaku manusia, baik perilaku melalui pengamatan langsung atau verbal yang didapat dari wawancara. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah dengan melalukan wawancara di dua daerah berbeda, Yakni di kelurahan Mojosongo Surakarta dan di Desa Truwolu Grobogan dengan beberapa narasumber seperti Perangkat Desa, Ketua RT, serta Kelompok Penerima Manfaat dan studi dokumen dari data tertulis. Dengan hasil yang didapatkan ialah dalam program pemulihan ekonomi nasional khususnya program Bantuan Langsung Tunai atau BLT belum sepenuhnya didapatkan oleh seluruh masyarakat yang tergabung dalam kelompok penerima manfaat di kedua daerah penelitian tersebut. Sehingga dibutuhkannya perlindungan hukum secara represif guna menjamin terpenuhinya hak-hak masyarakat.

×
Penulis Utama : Kennes Putri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0019225
Tahun : 2023
Judul : PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP MASYARAKAT PRA SEJAHTERA YANG BELUM MERASAKAN PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI DALAM PEN-PERLINDUNGAN SOSIAL (Studi di Kelurahan Mojosongo Surakarta dan Desa Truwolu Grobogan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Covid-19; Dampak Ekonomi; Masyarakat Pra Sejahtera, Program PEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Pranoto, S.H., M.H
Penguji : 1. MOCH NAJIB IMANULLAH, SH.,MH.,PhD.
2. Dr. TUHANA, SH.,MSi.
3. Pranoto, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.