Penulis Utama : Novita Anggi Hapsari
NIM / NIP : K4416048
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Historisitas Situs Semedo, (2) Relevansi koleksi Situs Semedo dengan pembelajaran sejarah di SMA/SMK, (3) Pemanfaatan Situs Semedo dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 01 Slawi dan kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan Situs Semedo sebagai sumber belajar sejarah di SMK Negeri 01 Slawi.

Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu data yang diperoleh dari hasil penelitian disajikan dalam bentuk naratif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang tahapannya meliputi, pengumpulan data, reduksi data, sajian data, serta penyimpulan data.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Situs Semedo pertama kali ditemukan di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2005. Pendirian bangunan Situs Semedo dimulai pada tahun 2015 yang didasari oleh respon pemerintah setelah banyaknya penemuan dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli sebagai salah satu situs purbakala yang dianggap penting setelah ditinjau dari berbagai potensi yang dimiliki. Situs tersebut menyimpan berbagai jenis koleksi, salah satunya mengenai koleksi kesejarahan. Koleksi Situs Semedo berupa fosil purbakala dan artefak. Berbagai fosil dan artefak yang tersimpan dalam Situs Semedo merupakan perwujudan peninggalan peradaban bangsa Indonesia dari masa lampau. (2) Situs Semedo menyimpan koleksi-koleksi yang relevan dengan pembelajaran sejarah di SMA/SMK sederajat. Wujud peninggalan tersebut dinilai relevan dengan materi pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X pada kompetensi dasar 3.2 dan 3.4 dalam materi pokok Indonesia zaman praaksara : awal kehidupan manusia Indonesia dan mata pelajaran sejarah peminatan kelas X pada kompetensi dasar 3.6 dalam materi pokok sumber sejarah. (3) Pemanfaatan Situs Semedo dalam pembelajaran sejarah di SMK Negeri 01 Slawi dilakukan memalui kegiatan kunjungan langsung sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran sejarah. Pemanfaatan Situs Semedo dalam pembelajaran sejarah mendapat respon baik dari guru maupun peserta didik dan dinilai mampu menambah pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan terutama mengenai bukti-bukti kehidupan manusia purba di masa lampau. Pemanfaatan Situs Semedo sebagai sumber belajar dinilai dapat meningkatkan antusiasme dan memperkaya aktivitas belajar peserta didik.

×
Penulis Utama : Novita Anggi Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416048
Tahun : 2023
Judul : Situs Semedo : Historisitas Dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Di SMK Negeri 1 Slawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Situs Semedo, Historisitas, Sumber Belajar, Pembelajaran Sejarah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum
Penguji : 1. Isawati, S.Pd, M.A
2. Dadan Adi Kurniawan S.Pd., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.