Penulis Utama : Qohhaar Windhy Putra
NIM / NIP : I0119135
×

Pada tahun 2023, Simpang Empat Bhayangkara terdapat jalur lintas angkutan barang dan angkutan umum di pendekat Selatan dan Barat. Sementara itu, Simpang Empat Pasar Kembang pada Jalan Honggowongso sudah diberlakukan sistem dua arah yang sebelumnya satu arah dan juga terdapat jalur lintas untuk angkutan umum Batik Solo Trans dan feeder, pada tiap pendekat sedangkan AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), dan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) di pendekat Selatan dan Utara. Untuk mengetahui kinerja dari kedua simpang tersebut akibat permasalahan yang disebutkan, diperlukan analisis kinerja simpang bersinyal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis simpang bersinyal Simpang Empat Bhayangkara dan Simpang Empat Pasar Kembang.

Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak PTV Vistro dengan metode HCM 2010, serta melakukan pemodelan dan perbandingan dengan skenario kondisi eksisting dan skenario optimasi berdasarkan parameter tundaan dan derajat kejenuhan. Dilakukan validasi pemodelan kondisi eksisting melalui Uji T menggunakan perangkat lunak SPSS dengan parameter panjang antrean (m) agar menghasilkan data yang representative dengan kondisi lapangan.

Pada kondisi eksisting kinerja Simpang Empat Bhayangkara memiliki nilai (DS) = 0,5 dan tundaan (D) = 41,5 det/smp (pagi hari) serta (DS) = 0,7 dan tundaan (D) = 43 det/smp (sore hari). Kinerja Simpang Empat Pasar Kembang memiliki nilai (DS) = 0,5 dan tundaan (D) = 29,8 det/smp (pagi hari) serta (DS) = 0,6 dan tundaan (D) = 39,5 det/smp (sore hari). Optimasi tunggal dianalisis dalam empat tipe, yaitu V/C Balancing (Split dan Split and Cycle Time), serta Minimize Critical Movement Delay (Split dan Split and Cycle Time). Optimasi terkoordinasi dianalisis dalam dua tipe, yaitu Split dan Split and Cycle Time. Berdasarkan perbandingan nilai derajat kejenuhan (DS) dan tundaan (D) dari semua optimasi yang dilakukan, optimasi tunggal Minimize Critical Movement Delay (Split and Cycle Time) menghasilkan kinerja terbaik bagi kedua simpang. 

×
Penulis Utama : Qohhaar Windhy Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0119135
Tahun : 2023
Judul : Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Simpang Empat Bhayangkara dan Simpang Empat Pasar Kembang Di Kota Surakarta Menggunakan Perangkat Lunak PTV Vistro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : derajat kejenuhan, PTV Vistro, simpang, tundaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Budi Yulianto, S.T., M.Sc., Ph.D.
2. Ir. Setiono, S.T., M.Sc.
Penguji : 1. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T.
2. Muji Rifai, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.