Penulis Utama : Bilqis Maulida Karimah
NIM / NIP : B0119012
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keterkaitan antarunsur struktural yang membangun novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono?; (2) bagaimana bentuk mekanisme pertahanan tokoh utama dalam novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono?; (3) bagaimana dampak mekanisme pertahanan terhadap kepribadian tokoh utama dalam novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono?

Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur struktural yang membangun novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono; (2) mendeskripsikan bentuk mekanisme pertahanan tokoh utama dalam novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono; (3) mendeskripsikan dampak mekanisme pertahanan terhadap kepribadian tokoh utama dalam novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono

Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk memperluas wawasan pengetahuan tentang penelitian sastra, khususnya dalam kajian perspektif psikologi sastra. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pengkajian fiksi menurut Burhan Nurgiyantoro dan psikologi sastra.

Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif untuk penelitian sastra. Sumber data penelitian ini adalah novel Sireping Prahara Karya Yosep Bambang Margono. Data intrinsik berupa unsur-unsur struktural dalam novel Sireping Prahara. Data ekstrinsik dalam penelitian ini adalah data-data psikologi sastra berupa mekanisme pertahanan tokoh utama serta dampak mekanisme pertahanan terhadap kepribadian tokoh utama.

Simpulan dari penelitian ini adalah (1) unsur-unsur yang membangun novel Sireping Prahara karya Yosep Bambang Margono menunjukkan adanya hubungan erat antarunsur satu dengan lainnya sehingga membentuk keutuhan cerita yang baik; (2) bentuk-bentuk mekanisme pertahanan yang digunakan tokoh utama yaitu mekanisme pertahanan represi, sublimasi, proyeksi, pengalihan, rasionalisasi, reaksi formasi, regresi, agresi dan apatis, dan fantasi; (3) bentuk mekanisme pertahanan yang dilakukan tokoh utama cenderung berdampak negatif terhadap tokoh utama dalam novel Sireping Prahara Karya Yosep Bambang Margono.

×
Penulis Utama : Bilqis Maulida Karimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119012
Tahun : 2023
Judul : Mekanisme Pertahanan Tokoh Utama dalam Novel Sireping Prahara Karya Yosep Bambang Margono (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : mekanisme pertahanan, novel, psikologi sastra, dampak
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.