Penulis Utama : Anugraha Hari Bhayangkara
NIM / NIP : I0119033
×

Proyek “EPC Talavera” Tuban merupakan salah satu proyek besar yang berada di Tuban yang direncanakan berdiameter 16 meter dan dengan tinggi 66,4 meter serta memiliki kapasitas silo 8000 ton. Dengan mengetahui bahwa pembangunan Blending Silo dibangun dengan ketinggian yang cukup tinggi dan pastinya membutuhkan struktur pondasi yang besar juga maka pembangunan Blending Silo memiliki kemungkinan risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi juga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja dan mengevaluasi penyebab, dampak, dan respon risiko terjadinya kecelakaan pada pelaksanaan konstruksi struktur bawah bangunan Blending Silo proyek “EPC Talavera”.
Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja kemudian melakukan penyebaran koesioner pendahuluan yang bertujuan untuk memvalidasi variabel risiko kecelakaan kerja yang selanjutnya akan dicantumkan pada koesioner utama. Koesioner utama ini berguna untuk mengetahui nilai tingkat kemungkinan kejadian (probability) dan tingkat keparahan (severity) dari variabel risiko kecelakaan kerja. Untuk mengetahui risiko kecelakaan kerja yang dominan dilakukan penilaian risiko dengan menggunakan perhitungan probability dan severity Risk Manegement Standard AS/NZ 4360:1999 yang kemudian didapatkan nilai Importance Index. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi penyebab, dampak, dan respon risiko terjadinya kecelakaan kerja menggunakan Metode Bowtie Analysis.
Hasil dari penelitian ini adalah mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja yang paling dominan yaitu pada variabel 5a (risiko pekerja tertusuk peralatan tajam) dengan importance index 27,6%, 4b (risiko jari terjepit mesin bar bender dengan importance index 25,9%, dan 4e ( pekerja tersetrum/tersengat aliran listrik) dengan importance index 25,5%. Berdasarkan metode bowtie didapatkan penyebab dan dampak dari risiko kecelakaan kerja yang paling dominan. Penyebab dari risiko kecelakaan kerja yang paling dominan adalah peralatan tajam berserakan, pekerja ceroboh/tidak fokus/tidak dalam kondisi sehat, peralatan yang tidak layak pakai, kondisi mesin bar bender yang kurang baik, metode pengoperasian bar bender, kabel alat las terkelupas, kondisi cuaca hujan/cuaca ekstrim, dan body alat las mengalami kebocoran arus listrik. Dampak dari risiko kecelakaan kerja yang paling dominan adalah luka ringan, luka berat/kematian, kebakaran, dan mesin bar bender mengalami kerusakan. Selain penyebab dan dampak dari risiko kecelakaan kerja, dengan metode bowtie dianalisis juga respon risiko atau kontrol dari risiko kecelakaan kerja dari risiko yang paling dominan dan adapun juga dianalisis faktor eskalasi beserta kontrol eskalasinya.

×
Penulis Utama : Anugraha Hari Bhayangkara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0119033
Tahun : 2023
Judul : Analisis Risiko Kecelakaan Kerja pada Konstruksi Struktur Bawah Bangunan Blending Silo Proyek “EPC Talavera” Tuban Menggunakan Metode Bowtie
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Risiko Kecelakaan Kerja, Probability, Saverity, Metode Bowtie
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Fajar Sri Handayani, S.T., M.T.
Penguji : 1. Setiono, S.T., M.Sc.
2. Muji Rifai, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.