Penulis Utama : Aprilia Puspita Wulaningsih
NIM / NIP : O0119016
×

Aprilia Puspita Wulaningsiih. O0119016. STATUS GIZI DAN KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN 2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui status gizi dan kesegaran jasmani pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan teknik survei. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan sampel seluruh peserta didik kelas VII yang berjumlah 254 peserta didik. Pengumpulan data untuk mengetahui status gizi peserta didik menggunakan indeks massa tubuh (IMT), sedangkan untuk mengetahui kesegaran jasmani peserta didik dengan menggunakan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN). Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada status gizi peserta didik putra kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta  Tahun 2023 yang berjumlah 127 peserta didik diperoleh hasil rerata ambang batas peserta didik putra yaitu 00.00 SD sebanyak 86,61%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan peserta didik putra kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 termasuk dalam kategori “normal”. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada status gizi peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 yang berjumlah 127 peserta didik diatas diperoleh hasil rerata ambang batas peserta didik putri yaitu -1 SD sebanyak 74,02%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 termasuk dalam kategori “normal”.

Hasil penelitian kesegaran jasmani menunjukan bahwa pada kesegaran jasmani peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 yang berjumlah 127 peserta didik dengan dilakukan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara menunjukan proporsi nilai peserta didik putra adalah 1,8 dimana dapat diartikan kesegaran jasmani peserta didik putra kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 dalam kategori “rendah”. Hasil penelitian kesegaran jasmani menunjukan bahwa pada peseta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 dalam kategori “baik”. Berdasarkan  jumlah proporsi nilai perhitungan kesegaran jasmani menurut norma penilaian TKPN peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 diperoleh hasil proporsi nilai 3,7 yang termasuk dalam kategori “baik”.

Simpulan dari hasil penelitian ini adalah status gizi peserta didik putra kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta dalam kategori “normal” dan status gizi peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta Tahun 2023 dalam kategori “normal”, sedangkan tingkat kesegaran jasmani peserta didik putra kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta dalam kategori “rendah” dan kesegaran jasmani pada peserta didik putri kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta dalam kategori “baik”

×
Penulis Utama : Aprilia Puspita Wulaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0119016
Tahun : 2023
Judul : STATUS GIZI DAN KESEGARAN JASMANI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN 2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Status Gizi, Kesegaran Jasmani, Peserta didik.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.