Penulis Utama : Karima Ahlakun Nisa
NIM / NIP : V1720049
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip prudential banking dalam proses pemberian kredit untuk take over KUPEN di Bank Woori Saudara KCP Boyolali dengan harapan agar analisa kredit yang dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan perhitungan yang tepat dapat melindungi kepentingan Bank Woori Saudara KCP Boyolali, khususnya dalam menjaga agar kredit yang disalurkan kepada debitur dapat diselesaikan dengan baik serta lancar sesuai kesepakatan yang telah diatur dalam perjanjian kredit, juga untuk mengetahui faktor-faktor yang berpotensi memengaruhi implementasi prinsip prudential banking dalam proses pemberian kredit untuk take over KUPEN di Bank Woori Saudara KCP Boyolali.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa implementasi prinsip prudential banking dalam proses pemberian kredit untuk take over KUPEN di Bank Woori Saudara KCP Boyolali menggunakan prinsip 7P (personality, party, purpose, prospect, payment, profitability, dan protection). Personality dianalisis dengan menggunakan SLIK checking dan kunjungan ke calon debitur. Party, dengan mengelompokkan calon debitur sesuai karakter, jenis usaha, dan loyalitasnya. Purpose, yaitu Bank Woori Saudara KCP Boyolali perlu mengetahui tujuan penggunaan kredit agar pinjaman yang disalurkan tepat sasaran. Prospect, yakni dengan melakukan penilaian terhadap prospek usaha calon debitur. Payment, yaitu Bank Woori Saudara KCP Boyolali wajib memastikan adanya sumber dana pelunasan kredit untuk take over KUPEN. Profitability, Bank Woori Saudara KCP Boyolali memastikan usaha debitur dapat memberikan keuntungan. Protection, yaitu Bank Woori Saudara KCP Boyolali berusaha menjaga agar agunan aman dan dapat dikuasai sehingga menjamin kepentingan bank. Faktor-faktor yang berpotensi memengaruhi implementasi prinsip prudential banking dalam pemberian kredit untuk take over KUPEN terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau faktor yang berasal dari internal bank, yakni karakter petugas bank, kapasitas petugas bank, kepatuhan petugas bank, sistem penyaluran kredit, dan sistem monitoring atau pemantauan. Faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar bank, yaitu karakter debitur.

×
Penulis Utama : Karima Ahlakun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1720049
Tahun : 2023
Judul : Implementasi Prinsip Prudential Banking dalam Proses Pemberian Kredit untuk Take Over KUPEN di Bank Woori Saudara KCP Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kredit pensiun; prinsip prudential banking; take over kredit
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Martini, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Aulia Hapsari Juwita, S.E., M.E.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.