Penulis Utama : Parwanti
NIM / NIP : K4219058
×

Parwanti. K4219058. ANALISIS KESALAHAN PENULISAN PADA TEKS DESKRIPSI TENTANG UPACARA ADAT KARYA SISWA KELAS IX SMP N 4 KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Juni 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan bentuk kesalahan penulisan teks deskripsi tentang upacara adat karya siswa kelas IX SMP Negeri 4 Karanganyar, (2) menjelaskan faktor penyebab kesalahan penulisan teks deskripsi, serta (3) menjelaskan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan penulisan teks deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah dokumen teks deskripsi karya siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen dan hasil wawancara dengan informan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data analisis dokumen dan wawancara. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, menganalisis dan mengidentifikasi bentuk kesalahan penulisan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Karanganyar dalam tataran fonologi terdapat 13 jenis kesalahan dan tataran morfologi terdapat 2 jenis kesalahan. Kedua, faktor penyebab kesalahan penulisan yang dilakukan oleh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Karanganyar berupa siswa kurang minat belajar bahasa Jawa, siswa berpendapat bahasa Jawa susah, kurangnya pengetahuan tentang kaidah penulisan bahasa Jawa, kurangnya kosakata pada siswa, siswa kurang teliti ketika menulis, kurangnya bahan untuk belajar, siswa kurang latihan menulis berbahasa Jawa. Ketiga, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan penulisan yaitu, guru harus mengajarkan ilmu kaidah penulisan bahasa Jawa, siswa harus sering membaca kamus bahasa Jawa, siswa harus menambah niat untuk belajar bahasa Jawa khususnya tentang penulisan, guru harus lebih memerhatikan kekurangan siswa, siswa harus sering latihan menulis dengan bahasa Jawa yang benar.

×
Penulis Utama : Parwanti
Penulis Tambahan : 1. Astiana Ajeng Rahadini
2. Prima Veronika
3.
NIM / NIP : K4219058
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KALUPUTAN PANULISAN ANA ING TEKS DESKRIPSI BABAGAN UPACARA ADAT KARYANIPUN SISWA KELAS IX SMP N 4 KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : analisis kesalahan penulisan, teks deskripsi, bahasa Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Astiana Ajeng Rahadini, S.Pd., M.Pd.
2. Prima Veronika, S.Pd.,M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S.,M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.