Penulis Utama : Riswandha Maulana Irdhika
NIM / NIP : B0119055
×

Riswandha Maulana Irdhika. B0119055. 2023. Alap-alapan Satyabama dan Sayêmbara Satyaki (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana suntingan teks naskah AAS dan SS yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi? (2) bagaimana ajaran moral yang terkandung dalam teks naskah SS?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menyajikan suntingan teks naskah AAS dan SS yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi, (2) mengungkap dan mendeskripsikan ajaran moral yang terkandung dalam teks naskah AAS dan SS.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah bendel naskah Sêrat Waosan Pakêm Krêsna Sêkar, Satyabama, Krêsna Bujana, Sayêmbara Gandadewa bernomor katalog D20 koleksi Perpustakaan Reksapustaka Mangkunegaran Surakarta yang merupakan naskah tembang (puisi) bertuliskan huruf Jawa carik sebanyak 86 halaman. Data primer penelitian ini adalah teks naskah AAS dan SS. Data sekunder penelitian ini adalah hasil wawancara dengan Ki Purbo Asmoro, S.Kar, M.Hum untuk mendukung kajian isi. Teknik pengumpulan data yaitu dimulai dengan inventarisasi naskah. Selanjutnya membaca katalog-katalog naskah untuk mencari mengenai judul naskah atau isi yang sama ke tempat penyimpanan naskah, melakukan pengecekan ke tempat penyimpanan naskah tersebut dan mendeskripsikannya. Selanjutnya adalah mentransliterasi teks naskah. Teknik pengumpulan data selanjutnya yaitu teknik wawancara yang bertujuan untuk mengumpulkan data pendukung dalam kajian isi. Teknik analisis data filologis yang digunakan adalah metode kritik teks, metode penyuntingan menggunakan edisi standar disertai aparat kritik dan untuk analisis isi menggunakan analisis interaktif. Analisis interaktif untuk mengungkapkan ajaran nilai moral dalam cerita Alap-alapan Satyabama dan Sayêmbara Satyaki.

Simpulan penelitian ini adalah (1) Naskah AAS dan SS merupakan naskah tunggal. Naskah telah ditransliterasi dan dikritisi, diperoleh suntingan teks yang bersih dari kesalahan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dalam tahap kritik teks dapat diketahui varian kesalahan dalam penulisan sebanyak 68 yang meliputi: 13 lakuna, 14 hiperkorek, 16 ketidakkonsistenan, 21 substitusi, dan 4 adisi. (2) naskah AAS dan SS berisi nilai moral yang terdiri dari nilai tanggung jawab, nilai kemurahan hati, dan nilai keadilan.

×
Penulis Utama : Riswandha Maulana Irdhika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119055
Tahun : 2023
Judul : Alap-alapan Satyabama dan Sayêmbara Satyaki (Suatu Tinjauan Filologis dan Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : filologi, Alap-alapan Satyabama, Sayêmbara Satyaki, moral.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.