Penulis Utama : Nur Aini Novia Damayanti
NIM / NIP : K1319054
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah yang menghasilkan kemampuan pemecahan masalah lebih baik antara pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Fraction Bakery atau Power Point pada materi pecahan; (2) manakah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang paling baik antara siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, atau rendah pada materi pecahan; (3) pada masing masing pembelajaran dengan media, manakah yang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang atau rendah; dan (4) pada masing-masing tingkatan kecerdasan logis matematis, manakah yang menghasilkan kemampuan pemecahan masalah lebih baik pembelajaran dengan menggunakan media Fraction Bakery atau pembelajaran dengan media Power Point pada materi pecahan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD sebanyak 3 kelas  di SD Al-Irsyad 01 Cilacap semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini adalah 28 siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas V C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, kemudian dilanjutkan uji komparasi ganda menggunakan metode Scheffe’. Seluruh uji menggunakan tingkat signifikansi 0,05.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan media pembelajaran Fraction Bakery menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada pembelajaran  menggunakan media pembelajaran Power Point pada materi pecahan; (2) siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah; (3) pada masing-masing pembelajaran dengan media, siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi  memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang dan rendahsiswa dengan kecerdasan logis matematis sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah; dan (4) pada masing-masing tingkat kecerdasan logis matematis, pembelajaran dengan media Fraction Bakery menghasilkan kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada pembelajaran dengan media PowerPoint.

×
Penulis Utama : Nur Aini Novia Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1319054
Tahun : 2023
Judul : EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA FRACTION BAKERY DIGITAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS V SD
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Game Edukasi, Kecerdasan Logis Matematis, Pecahan, Pemecahan masalah, Power Point
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.