Penulis Utama : Intan Pratiwi
NIM / NIP : S802008009
×

Sampah organik bisa dikatakan sebagai sampah ramah lingkungan, tetapi sampah bila tidak dikelola dengan benar akan menimbulkan penyakit dan bau yang kurang sedap. Cara untuk mengurangi sampah organik adalah dengan melakukan pengolahan sampah organik menjadi produk yang lebih bermanfaat. Salah satu teknologi pengolahan sampah organik karya anak bangsa adalah Bioreaktor Kapal Selam. Pengolahan sampah organik ini akan mengubah sampah menjadi pupuk padat, pupuk cair dan gas metana. Dari hasil tersebut sebenarnya apabila dikelola dengan baik maka akan muncul model bisnis keberlanjutan. Bisnis berkelanjutan juga bertujuan untuk mengurangi dampak negatif pada lingkungan, meningkatkan keterlibatan dengan masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Untuk mengembangkan model bisnis tersebut maka digunakan Triple Layered Business Model Canvas. Selain itu juga akan dilakukan analisis kelayakan investasi finansial dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan model bisnis tersebut.

Data sekunder diperoleh dari berbagai literatur dan hasil penelitian terkait. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi serta wawancara, dan analisis kualitatif interaktif.

Hasil penelitian menunjukkan pengembangan model bisnis keberlanjutan menggunakan Triple Layered Business Model Canvas memunculkan bisnis baru adanya penjualan produk pupuk padat dan pupuk cair dalam bentuk yang sudah dikemas. Pupuk cair dapat dilakukan pemisahan berdasarkan kandungannya sesuai dengan input sampahnya. Gas metan yang diolah menjadi listrik dapat kembangkan menjadi energi terbarukan yang disimpan dalam bentuk aki maupun baterai.  Tidak hanya pupuk dan listrik, mikroba atau dekomposer juga dapat dijual. Selain itu juga, menemukan bisnis baru berupa pengolahan lahan disekitar Bioreaktor Kapal Selam. Diperoleh nilai NPV Rp2.188.122.039. Nilai NPV lebih besar dari 0 maka investasi layak dijalankan, sedangkan untuk nilai IRR>MARR yang menandakan investasi ini feasible. Berdasakan perhitungan analisis kelayakan investasi menunjukkan bisnis pengolahan sampah ini layak dijalankan.

×
Penulis Utama : Intan Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S802008009
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN MODEL BISNIS KEBERLANJUTAN PENGOLAHAN SAMPAH ORGANIK ( STUDI KASUS : BIOREAKTOR KAPAL SELAM, TLOGOWUNGU, PATI )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kelayakan investasi, sampah organik, sustainability, Triple Layered Business Model Canvas.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.