Penulis Utama : Radana Fauziana Rahmah
NIM / NIP : K1217061
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk akronim yang terdapat pada berita utama  koran Solopos, (2) mendeskripsikan bentuk-bentuk singkatan yang terdapat pada berita utama  koran Solopos, (3)mendeskripsikan pemanfaatan hasil penelitian tentang akronim dan singkatan pada berita utama Koran Solopos sebagai bahan ajar teks berita di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan penyajian data berupa tabel, penggambaran dan deskripsi.
Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara mendalam. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kumpulan berita utama  Koran Solopos rentang waktu 1 tahun pada tahun 2020. Sumber data sekunder adalah dari hasil hasil wawancara dengan wartawan Solopos, pembaca setia Solopos, serta guru dan siswa kelas VIII A dan VIII B SMP Penda Tawangmangu. Sebagai pembanding, informan lainnya ialah guru dan SMP Negeri 2 Surakarta, yakni siswa kelas VIII E, F, G dan H. Teknik keabsahan data diperoleh menggunakan triangulasi teori dan sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, memaparkan bentuk-bentuk akronim dan singkatan yang terdapat dalam berita utama Koran Solopos dalam rentang waktu 1 tahun pada tahun 2020, yakni klasifikasi bentuk akronim berdasarkn jumlah suku kata dan  klasifikasi singkatan berdasarkan jumlah huruf dalam singkatan. Tercipta kamus akronim dan singkatan berdasarkan asal pembentukan kata dari koran Solopos rentang waktu 1 tahun pada tahun 2020. Ditemukan 4 singkatan yang terdiri dari 1 huruf , 64 singkatan yang terdiri dari 2 huruf, 449 singkatan yang terdiri dari 3 huruf, 233 singkatan yang terdiri dari 4 huruf, 60 singkatan yang terdiri dari 5 huruf, 10 singkatan yang terdiri dari 6 huruf, dan 4 singkatan yang terdiri dari 7 huruf.  
Untuk akronim, ditemukan 17 akronim yang terdiri dari 1 suku kata, 218 akronim yang terdiri dari 2 suku kata, 138 akronim yang terdiri dari 3 suku kata, 47 akronim yang terdiri dari 4 suku kata, 9 akronim dari 5 suku kata, 1 akronim yang terdiri dari 7 suku kata.
Berdasarkan proses pembentukannya, ditemukan 614 singkatan yang terbentuk dari pengekalan satu huruf pertama pada masing-masing komponen, penyingkatan yang terdiri dari lambang bilangan dan tanda baca berjumlah 29 singkatan, singkatan yang berasal dari pengekalan satu huruf pertama dan beberapa konsonan dalam kata berjumlah 32 singkatan, dan singkatan yang berasal dari dua huruf pertama dalam kata berjumlah 2 singkatan, sehingga singkatan yang ditemukan berjumlah 887 .Sedangkan pada akronim, Akronim yang terdiri dari 1 suku kata atau lebih berjumlah 430, dan pola akronim berdasarkan proses pembentukannya berjumlah 327, sehingga total keseluruhan akronim berjumlah 757 akronim.
Terdapat kebermanfaatan hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMP, yaitu sebagai bahan ajar materi teks berita di kelas VIII. Kebermanfaatan ini memenuhi kriteria relevansi/keterkaitan, konsistensi/keajegan, dan adekuasi/kecukupan. Ketercapaian kriteria bernilai skor rata-rata berjumlah 4,5 dari skor minimal 4,0.

Kata kunci : Akronim, Singkatan, Teks Berita Utama, Koran Solopos, Pembelajaran di SMP

 

×
Penulis Utama : Radana Fauziana Rahmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1217061
Tahun : 2021
Judul : Analisis Akronim dan Singkatan pada Berita Utama Koran Solopos Sebagai Bahan Ajar Teks Berita di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1217061
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.