Penulis Utama : Dhwani Hening Hayyu Satriyo
NIM / NIP : R0219025
×

Dhwani Hening Hayyu Satriyo, R0219025, 2023. Pengaruh Pemberian Simulasi Pengendalian Kebakaran Terhadap Perilaku Penanganan Kebakaran pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Grogol Sukoharjo, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang : Kebakaran di tempat kerja adalah fenomena akibat dari reaksi segitiga api yang dapat mengakibatkan kerugian terganggunya kegiatan operasional, materil, bahkan nyawa. Perilaku pengendalian kebakaran yang tidak baik pada manusia kerap menjadi penyebab tingginya kasus kebakaran di tempat kerja seperti di gedung fasyankes yaitu puskesmas. Potensi kebakaran di puskesmas selain disebabkan faktor kesalahan teknis dan prosedur, seringkali disebabkan karena perilaku tenaga kesehatan yang tidak baik. Untuk mewujudkan perilaku yang baik maka perlu dilakukan pelatihan siaga bencana dengan metode simulasi pengendalian kebakaran kepada tenaga kesehatan. Dengan dilakukannya simulasi mampu mengembangkan pengetahuan, sikap, dan tindakan dalam menanganani kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian simulasi pengendalian kebakaran terhadap perilaku penanganan kebakaran pada tenaga kesehatan di Puskesmas Grogol Sukoharjo.

Metode : Penelitian ini menggunakan jenis Pre Eksperimen One Grup Pre-test and Post-test Design. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yang memuat kriteria inklusi dan ekslusi untuk menentukan sampel, sehingga didapatkan sampel penelitian sebanyak 55 responden. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner pre-test dan post-test untuk mengukur tingkat perilaku penanganan kebakaran termasuk ranah perilaku yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan. Teknik analisis data menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata perilaku penanganan kebakaran dari pre-test sebesar 1.02 ke post-test sebesar 2.89 dengan selisih sebesar 1.87. Analisis uji Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh pemberian simulasi pengendalian kebakaran terhadap perilaku penanganan kebakaran pada tenaga kesehatan di Puskesmas Grogol Sukoharjo secara signifikan dengan nilai p = 0.000 (p < a>

Simpulan : Ada pengaruh pemberian simulasi pengendalian kebakaran terhadap perilaku penanganan kebakaran pada tenaga kesehatan di Puskesmas Grogol Sukoharjo.

×
Penulis Utama : Dhwani Hening Hayyu Satriyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219025
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Pemberian Simulasi Pengendalian Kebakaran Terhadap Perilaku Penanganan Kebakaran pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Grogol Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kebakaran, puskesmas, simulasi, perilaku
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bachtiar Chahyadhi, SST., M.KKK.
2. Tutug Bolet Atmojo, S.K.M., M.Si
Penguji : 1. Farhana Syahrotun N.S, S.ST., M.KKK.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.