Penulis Utama : Adrian Nugroho Saputro
NIM / NIP : R0219002
×

Latar Belakang : Berdasarkan data Hazard Identification Risk Assesment and Determining Control (HIRADC) dari PT Calista Perkasa Mulia, Zona 2 menjadi zona dengan risiko bahaya paling tinggi. Oleh karena itu perlu adanya saranaprasarana dan pengetahuan P3K yang baik untuk mengurangi dampak buruk dari risiko bahaya yang mungkin terjadi. Berdasarkan hasil survei awal yang dilakukan kepada 10 responden, sebanyak 60% responden memiliki tingkat pengetahuan kurang terkait P3K dan 40% lainnya memiliki tingkat pengetahuan cukup terkait P3K, hal tersebut mungkin terjadi karena belum terdapat pendidikan atau pelatihan P3K yang diberikan. Buku dapat dijadikan sarana untuk meningkatkan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian buku panduan terhadap tingkat pengetahuan P3K pada pekerja konstruksi zona 2 PT Calista Perkasa Mulia.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain pretest and post-test with control group. Responden pada penelitian ini yaitu seluruh pekerja konstruksi zona 2 PT Calista Perkasa Mulia proyek rel ganda Solo – Kadipiro. Populasi pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan sampel masing-masing 15 orang pada kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah total sampling. Pengukuran tingkat pengetahuan P3K menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney.

Hasil : Hasil uji analisis Wilcoxon pada kelompok eksperimen menunjukkan p value sebesar 0,000 (p ? 0,05) maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian buku panduan P3K terhadap tingkat pengetahuan P3K. Sedangkan hasil uji analisis Wilcoxon pada kelompok kontrol menunjukkan p value sebesar 0,157 (p > 0,05) maka tidak ada pengaruh signifikan antara buku panduan P3K terhadap tingkat pengetahuan P3K pada kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 (p ? 0,05), menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian buku panduan terhadap tingkat pengetahuan pekerja terkait P3K

Simpulan : Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian buku panduan terhadap tingkat pengetahuan P3K pekerja konstruksi zona 2 PT Calista Perkasa Mulia.

×
Penulis Utama : Adrian Nugroho Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0219002
Tahun : 2023
Judul : PENGARUH PEMBERIAN BUKU PANDUAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN P3K PEKERJA KONSTRUKSI ZONA 2 SPT CALISTA PERKASA MULIA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Buku Panduan, Pengetahuan P3K, Pekerja Konstruksi
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Farhana Syahrotun Nisa S., S.ST., M.KKK
2. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK.
Penguji : 1. Rachmawati Prihatina Fauzi, S.Si., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.