Penulis Utama : Indah Trismiyati
NIM / NIP : K4414022
×

ABSTRAK

 

Indah Trismiyati, K4414022. Upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran problem bassed learning dengan media kahoot dalam pembelajaran IPS kelas VII B  SMP Negeri 1 PLUPUH  Tahun  Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS  melalui model pembelajaran  Problem Bassed Learning dengan  media kahoot di SMPN  1 Plupuh Sragen. (2) Untuk meningkatkan  prestasi  belajar  siswa dalam  pembelajaran  IPS melalui model pembelajaran  Problem Bassed Learning dengan media kahoot di SMPN  1 Plupuh Sragen.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas . Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sumber sekunder berupa informan, arsip dan dokumen, tempat dan peristiwa. Subjek yang digunakan adalah guru dan siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Plupuh. Analisis data yang digunakan bersifat induktif. Prosedur penelitian ini meliputi tahap pra lapangan, pengumpulan data, analisis data, penulisan laporan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Problem Bassed Learning dengan  media kahoot dapat meningkatan minat belajar siswa kelas VIII B SMPN  1 Plupuh Sragen tahun pelajaran 2020/2021.Prosentase hasil minat belajar siswa yang diperoleh dalam penelitian ini saat prasiklus yaitu sebesar 69,40 %, 76,03 % untuk siklus pertama dan untuk siklus kedua prosentase yang di peroleh siswa sebesar 82,20%. (2) Pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Problem Bassed Learning dengan  media kahoot dapat meningkatan prestasi belajar siswa kelas VII B SMPN  1 Plupuh Sragen tahun pelajaran 2020/2021. Prestasi belajar siswa dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini  dapat disajikan dalam prosentase perolehan yang di dapat para siswa yaitu 43,75% untuk prasiklus, sedangkan untuk siklus pertama prosentase yang diperoleh yaitu 68,75% dan meningkat menjadi 81,25% di siklus kedua.  

Kata Kunci : Minat, Prestasi belajar, Kahoot.

 

 

 

×
Penulis Utama : Indah Trismiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4414022
Tahun : 2021
Judul : Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Bassed Learning Dengan Media Kahoot Dalam Pembelajaran IPS Kelas VII B SMPN 1 Plupuh Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Minat, Prestasi belajar, Kahoot.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Isawati, S.Pd., MA.
Penguji : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd. , M.Pd.
2. Nur Fatah Abidin, S.Pd. , M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.