Penulis Utama : Listyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis kepuasan konsumen atas pelayanan Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1201042-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Keadaan demografi di Indonesia yang berpenduduk padat merupakan suatu tantangan yang harus dihadapi dan ditangani oleh sektor kesehatan, sehingga hal ini menyebabkan banyak berdirinya Rumah Sakit swasta yang bersaing, selain mengutamakan kualitas pelayanan juga bertujuan mendapatkan keuntungan. RSI Amal Sehat Sragen sebagai salah satu Rumah Sakit swasta harus mampu memberikan pelayanan yang dapat memuaskan konsumen agar dapat menarik konsumen dan membentuk konsumen menjadi pelanggan yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan konsumen RSI Amal Sehat Sragen, (2) Mengetahui tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan jasa pelayanan menurut konsumen dengan kinerja RSI Amal Sehat Sragen. Berkaitan dengan tujuan tersebut maka diajukan hipotesis bahwa diduga tingkat kepuasan konsumen atas pelayanan RSI Amal Sehat Sragen memuaskan dan diduga dimensi Tangible mempunyai tingkat kesesuaian yang paling tinggi dibandingkan dengan dimensi yang lain.

Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dimana data utama dikumpulkan melalui kuisioner yang dibagikan kepada responden. Responden dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSI Amal Sehat Sragen yang diambil sampel sebanyak 60 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Sedangkan untuk analisis data yang digunakan adalah indeks kepuasan pelanggan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen, analisis tingkat kesesuaian untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan jasa pelayanan menurut konsumen dengan kinerja RSI Amal Sehat Sragen dan diagram kartesius untuk mengetahui posisi tiap-tiap dimensi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai indeks kepuasan pelanggan sebesar 221 yang bernilai positif, ini berarti konsumen berada dalam kategori puas. Hasil perhitungan dengan analisis tingkat kesesuaian menunjukkan bahwa dimensi perhatian (Emphaty) menempati tingkat kesesuaian pertama atau yang paling tinggi, sebesar 106,60 %. Tingkat kesesuaian kedua ditempati dimensi keyakinan (Assurance) sebesar 101,89 %. Tingkat kesesuaian ketiga ditempati dimensi berwujud (Tangible) sebesar 101,31%. Tingkat kesesuaian keempat ditempati dimensi ketanggapan (Responsiveness) sebesar 96,27 %, sedangkan tingkat kesesuaian kelima atau yang paling rendah ditempati dimensi keandalan (Reliability), sebesar 88,44 %. Pada diagram kartesius yang dihitung dari rata-rata skor tingkat kepentingan dan rata-rata skor tingkat kinerja atau Mean Importance-Mean Performance, menunjukkan bahwa kuadran A ditempati dimensi keandalan (Reliability). Kuadran B ditempati dimensi ketanggapan (Responsiveness). Kuadran C ditempati dimensi berwujud (Tangible). Dan kuadran D ditempati dua dimensi yaitu dimensi keyakinan (Assurance) dan dimensi perhatian (Emphaty).

Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa indeks kepuasan konsumen bernilai positif yang berarti secara umum konsumen yang diteliti dalam kondisi puas atas pelayanan RSI Amal Sehat Sragen, sehingga hipotesis pertama terbukti dan dapat diterima. Hasil pengukuran dengan analisis tingkat kesesuaian menunjukkan dimensi perhatian (Emphaty) mempunyai tingkat kesesuaian yang paling tinggi dibandingkan dengan dimensi yang lain, sehingga hipotesis kedua tidak terbukti. Dan dapat diajukan saran-saran antara lain : (1) Meskipun hasil analisis tingkat kepuasan konsumen menunjukkan bahwa pada umumnya konsumen merasa puas atas pelayanan selama ini, namun pihak RSI Amal Sehat Sragen masih perlu meningkatkan kualitas pelayanan pada dimensi keandalan (Reliability) karena pada dimensi ini mempunyai nilai indeks negatif dan tingkat kesesuaian yang paling rendah dibandingkan dengan dimensi lainnya, serta dianggap sangat penting oleh konsumen namun kinerjanya belum sesuai dengan keinginan konsumen. (2) Dimensi berwujud (Tangible) yang diduga mempunyai tingkat kesesuaian tinggi karena merupakan dimensi yang langsung bisa dilihat agar dapat menarik minat konsumen dianggap kurang penting oleh konsumen dalam memilih sebuah Rumah Sakit, oleh sebab itu pihak RSI Amal Sehat tidak perlu melaksanakan dengan maksimal atau memberi prioritas yang besar pada dimensi ini. (3) Pihak RSI Amal Sehat hendaknya mempertahankan kualitas pelayanan dari dimensi tanggapan (Responsiveness) karena dimensi ini telah melaksanakan kinerjanya sesuai dengan keinginan konsumen sehingga mampu memuaskan konsumen. (4) Analisis tingkat kepuasan konsumen seperti ini sebaiknya dilaksanakan secara periodik sebagai evaluasi dan bahan pertimbangan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja RSI Amal Sehat Sragen dimasa yang akan datang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis