Penulis Utama : Hasna Nabila Azzahro'
NIM / NIP : K4219034
×

Hasna Nabila A. K4219034. UNSUR BUDAYA DAN NILAI KEPAHLAWANAN CERITA WAYANG SRIKANDI SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR DI SEKOLAH MENENGAH ATAS.

Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengetahuan peserta didik mengenai unsur budaya Jawa dan penanaman nilai kepahlawanan, salah satunya melalui cerita wayang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) struktur cerita wayang; (2) unsur budaya cerita wayang; (3) nilai kepahlawanan yang terkandung dalam cerita wayang; (4) menjelaskan relevansi unsur budaya dan nilai kepahlawanan dalam cerita wayang lakon Srikandi oleh Ki Manteb Soedarsono sebagai materi ajar di SMA.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan antropologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dokumen dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik uji validitas data berupa triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data mengalir.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) struktur cerita dalam cerita wayang lakon Srikandi oleh Ki Manteb Soedarsono meliputi alur, tema, penokohan, latar, dan suasana; (2) unsur budaya dalam ceita wayang meliputi: bahasa, sistem peralatan hidup dan teknologi, organisasi sosial, sistem pengetahuan, dan sistem religi; (3) nilai kepahlawanan dalam cerita wayang meliputi: pantang menyerah, keinginan melakukan musyawarah. gotong royong, adil, dan selalu ingat pada hak dan kewajiban; (4) cerita wayang lakon Srikandi oleh Ki Manteb Soedarsono relevan untuk dijadikan materi ajar di SMA kelas X semester genap sesuai dengan Kurikulum Merdeka elemen menyimak cerita wayang Mahabharata karena memenuhi 4 kriteria yakni memiliki tujuan atau capaian pembelajaran yang perlu dikuasai oleh siswa, isi materi ajar sesuai dengan tujuan pembelajaran, bahasa yang digunakan pada materi ajar sesuai dengan tingkat kelas siswa, dan cara menyajikan materi ajar untuk siswa. Selain itu cerita wayang lakon Srikandi oleh Ki Manteb Soedarsono juga mengandung nilai kepahlawanan yang dapat dijadikan contoh bersikap oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.

×
Penulis Utama : Hasna Nabila Azzahro'
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219034
Tahun : 2023
Judul : UNSUR BUDAYA LAN NILAI KEPAHLAWANAN CRITA WAYANG SRIKANDI SARTA JUMBUHE MINANGKA MATERI AJAR ING SEKOLAH MENENGAH ATAS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Struktur cerita, unsur budaya, nilai kepahlawanan, cerita wayang lakon Srikandi, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Tya Resta Fitriana, S,Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.