Penulis Utama : Destya Aziza Saputri
NIM / NIP : V0220017
×

Destya Aziza Saputri, V022017, 2023. IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK WISATAWAN PADA BIRO PERJALANAN WISATA KORI WISATA DI KOTA YOGYAKARTA. Program Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang karakteristik wisatawan pada Biro Perjalanan Wisata Kori Wisata yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan di Biro Perjalanan Wisata Kori Wisata, apa saja kendala yang di hadapi oleh Biro Perjalanan Wisata Kori Wisata dalam mengidentifikasi karakteristik wisatawan, dan inovasi yang akan dilakukan oleh peneliti untuk Biro Perjalanan Wisata Kori Wisata.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi mengenai karakteristik wisatawan pada Biro Perjalanan Kori Wisata yang disusun dengan metode wawancara, metode studi pustaka, metode studi dokumen untuk memperoleh kajian tentang karakteristik wisatawan di Kori Wisata. Kemudian data tersebut dikaji menggunakan metode deskriptif kualitatif hingga meperoleh kesimpulan sesuai tujuan awal.

Hasil penelitian ini adalah mengenai karakteristik wisatawan yang pernah menggunakan jasa Kori Wisata. Karakteristik wisatawan yang diidentifikasi ada tiga yaitu jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Selain itu hasil dalam penelitian ini ditemui beberapa kendala yang dialami oleh Kori Wisata dalam mengidentifikasi karakteristik wisatawan dan penulis juga memberikan inovasi yang akan dilakukan jika sudah mengidentifikasi karakteristik wisatawan.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik wisatawan penting bagi Kori Wisata karena agar mengetahui segmentasi pasar yang terarah. Selain itu, dengan mengidentifikasi karakteristik wisatawan, biro dapat mengetahui preferensi wisatawan ketika berwisata. Karakteristik wisatawan yang diidentifikasi yaitu ada jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Salah satu rombongan yang pernah dibawa Kori Wisata adalah rombongan staff Rumah Sakit Bethesda ke Semarang. Rombongan ini berisi 50 orang dengan jenis kelamin dominan wanita dengan rentang usia 25 – 45 tahun. Destinasi yang ditawarkan adalah Dusun Semilir dan Gedong Candi Songo karena wisatawan dari rombongan ini dominan wanita dan wisatawannya masih terbilang berusia muda. Kendala yang dialami Kori Wisata adalah sulit menyamakan presepsi keinginan wisatawan dengan keadaan lapangan dan tingginya permintaan dokumentasi saat tour berlangsung, namun kurangnya sumber daya manusia yang melaksanakan bidang tersebut.

×
Penulis Utama : Destya Aziza Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0220017
Tahun : 2023
Judul : IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK WISATAWAN PADA BIRO PERJALANAN WISATA KORI WISATA DI KOTA YOGYAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Identifikasi, Karakteristik Wisatawan, Biro Perjalanan Wisata
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Penguji : 1. Tomi Agfianto, S.ST., M.Par.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.