Penulis Utama : Ningrum Rahmawati
NIM / NIP : K7119196
×

ABSTRAK

 

Ningrum Rahmawati. K7119196. Pembimbing I: Wahyudi. Pembimbing II:  Suhartono. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 ADIKARSO TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar melalui model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret; (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas III SD Negeri 1 Adikarso. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil peneltian menunjukan bahwa: (1) langkah model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2022/2023 yaitu: (a) orientasi masalah pada siswa dengan bantuan media konkret, (b) mengorganisasi siswa untuk belajar dengan media konkret, (c) membimbing siswa, (d) menyajikan hasil kerja siswa, (e) menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah; (2) penerapan model Problem Based Learning dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun datar pada kelas III SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2022/2023 dibuktikan dengan persentase hasil belajar siklus I = 75,92%, siklus II = 83,33%, kemudian pada siklus III = 92,59%; (3) kendala dalam penelitian yakni: (a) siswa kurang memperhatikan guru saat menjelaskan, (b) siswa kurang aktif dalam bertanya jawab, (c) beberapa siswa sulit dikondisikan sehingga mengganggu teman lainnya, (d) siswa belum aktif dalam menanggapi kelompok lain. Solusi dari kendala tersebut yakni: (a) guru memberikan motivasi lebih dan penyampaian yang menarik, (b) guru memberi rangsangan untuk siswa bertanya, (c) guru menggunakan kode tepukan untuk memusatkan perhatian siswa agar kondusif; (4) guru membimbing siswa untuk belajar menanggapi kelompok lainnya.

Simpulan penelitian adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas III SD Negeri 1 Adikarso tahun ajaran 2022/2023.

 

×
Penulis Utama : Ningrum Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119196
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning, media konkret, dan matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Whyudi, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.