Penulis Utama : Laela Nugraheni
NIM / NIP : K7119142
×

ABSTRAK

Laela Nugraheni. K7119142. Pembimbing I: Drs. Ngatman, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd. PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 5 PANJER TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023.

Tujuan penelitian yaitu:   (1) mendeskripsikan langkah-langkah dari penerapan model Discovery Learning dengan media konkret, (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda melalui penerapan model Discovery Learning dengan media konkret, (3) mendeskripsikan kendala beserta solusi dalam penerapan model Discovery Learning dengan media konkret.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer. Data yang digunakan yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023 adalah stimulation, problem, data collection, data processing, verification, dan generalization, (2) penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023 hasil belajar pada siklus I = 81,25%, siklus II = 89,59%, dan siklus III = 91,67% . (3) kendala pada penelitian yaitu (a) siswa belum aktif bertanya jawab, (b) siswa belum aktif saat diskusi, (c) ada siswa yang bermain dengan temannya saat kegiatan pembelajaran, (d) siswa masih pasif saat sesi tanya jawab dengan kelompok presentator, (e) siswa belum berani berpendapat, (f) ada siswa enggan bekerja sama dengan kelompoknya, (g) ada siswa yang mengganggu kerja kelompok lain, dan (h) siswa belum fokus memperhatikan kelompok presentator. Solusinya adalah (a) guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa pendapat mereka tidak ada yang salah, (b) guru memberikan penguatan bahwa tugas kelompok adalah tanggung jawab tiap anggota, (c) guru memberikan teguran kepada siswa yang tidak memperhatikan, (d) guru memancing siswa untuk bertanya, (e) guru memberikan penguatan bahwa pendapat mereka tidak ada yang salah, (f) guru memberikan penguatan bahwa tugas kelompok adalah tanggung jawab bersama, (g) guru memberikan teguran kepada siswa yang mengganggu kelompok lain, dan (h) guru memberikan penguatan bahwa memperhatikan kelompok lain adalah bentuk sikap saling menghargai.

Kesimpulan penelitian ialah penerapan model Discovery Learning dengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas VB SD Negeri 5 Panjer tahun ajaran 2022/2023. 

×
Penulis Utama : Laela Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119142
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas VB SD Negeri 5 Panjer Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Discovery Learning, media konkret, IPA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd
Penguji : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.