Penulis Utama : Giri Prasnowo Aji
NIM / NIP : V0720041
×

Giri Prasnowo Aji V0720041 “Sistem Penatausahaan Pengeluaran Kas Melalui Aplikasi SIPKD di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri”.

Laporan Tugas Akhir Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2023. 104 Halaman. 

Keuangan daerah sangat penting untuk mendukung pembiayaan seluruh kegiatan pemerintahan daerah. Keuangan daerah harus dikelola secara tertib untuk menjamin salah satu prinsip good governance yaitu prinsip akuntabilitas, maka dari itu pemerintah menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Salah satu penerapan SPBE berkaitan dengan pengelolaan keuangan daerah yang dilakukan oleh pemerintah adalah membuat SIPKD. SIPKD dalam pengelolaan keuangan daerah salah satu fungsinya adalah digunakan untuk penatausahaan pengeluaran kas. Kegiatan penatausahaan pengeluaran kas meliputi penyediaan dana (SPD), permintaan pembayaran (SPP), perintah membayaran (SPM), dan pencairan dana (SP2D). BPKD Kabupaten Wonogiri menggunakan aplikasi SIPKD sebagai alat pendukung dalam pengelolaan keuangan daerah. Pada pelaksanaan kegiatan pemerintah daerah, BPKD Kabupaten Wonogiri berperan sebagai Bendahara Umum Daerah (BUD) yang memiliki kewenangan dalam perumusan atau perencanaan APBD, pelaksanaan APBD, dan pertanggungjawaban APBD. 

Dengan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya yaitu, ”Bagaimanakah Sistem Penatausahaan Pengeluaran Kas Melalui Aplikasi SIPKD di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri?” dan ”Apa saja kendala yang ditemui dalam penerapan Sistem Penatausahaan Pengeluaran Kas Melalui Aplikasi SIPKD di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri?”. 

Jenis pengamatan yang dilakukan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menggambarkan atau menjelaskan bagaimana Sistem Penatausahaan Pengeluaran Kas Melalui Aplikasi SIPKD di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri sesuai fakta dalam pengamatan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Pengamatan ini dilakukan selama lima minggu dan memperoleh kesimpulan bahwa aplikasi SIPKD salah satunya digunakan untuk penatausahaan pengeluaran kas diantaranya pengajuan SPP yang dilakukan setiap SKPD, penerbitan SPM yang dilakukan setiap SKPD, serta penerbitan SP2D yang dilakukan oleh BPKD Kabupaten Wonogiri. Aplikasi SIPKD sangat membantu pegawai dalam kegiatan penatausahaan pengeluaran kas di BPKD Kabupaten Wonogiri secara efektif. Namun, masih perlu ada peningkatan pada aplikasi dan jaringan internet agar kinerja aplikasi SIPKD dapat dimaksimalkan lagi. 

×
Penulis Utama : Giri Prasnowo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720041
Tahun : 2023
Judul : Sistem Penatausahaan Pengeluaran Kas Melalui Aplikasi SIPKD di Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem, Penatausahaan Pengeluaran Kas, SIPKD
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Fahmi Ulin Ni'Mah, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Irsyadul Ibad, SAB. M.Ed., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.