Penulis Utama : Tamara Diva Kamila
NIM / NIP : K1219081
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) kesalahan jenis dan bentuk afiks dalam teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta; (2) makna afiks dalam teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta; (3) fungsi afiks dalam teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta; serta (4) relevansinya dengan penulisan karya ilmiah kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa teks argumentasi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta dan informan yakni guru Bahasa Indonesia dan siswa SMA Negeri 2 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu analisis dokumen dan wawancara. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih teks argumentasi yang memuat kesalahan penggunaan afiks. Validitas data diuji dengan teknik triangulasi teori, triangulasi sumber data, dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif, yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini, yaitu (1) kesalahan jenis dan bentuk afiks yang digunakan dalam teks argumentasi siswa meliputi prefiks me-, prefiks di-, prefiks ke-, prefiks se-, sufiks -nya, sufiks -an, konfiks ke-an, konfiks per-an, konfiks pe-an, klofiks memper-, klofiks me-i, klofiks me-kan, klofiks me-nya, klofiks pe-i, klofiks di-kan, dan klofiks diper-kan. Afiks yang dominan digunakan ialah klofiks sebanyak 13 data, lalu prefiks 12 data, konfiks 7 data, dan sufiks 4 data; (2) penggunaan afiks dalam teks argumentasi siswa mengandung makna menyatakan perbuatan (aktif maupun pasif), menyatakan urutan, menyatakan sama dengan, menyatakan penegasan, menyatakan hal, menyatakan alat, menyatakan tempat, menyatakan menjadikan lebih, dan tidak bernosi; (3) fungsi penggunaan afiks dalam teks argumentasi siswa ialah pembentuk verba, pembentuk nomina, pembentuk numeralia, dan pembentuk adverbia; (4) penggunaan afiks dalam teks argumentasi dapat direlevansikan dengan penulisan karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta, yakni pada KD 3.15 serta 4.15.

×
Penulis Utama : Tamara Diva Kamila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1219081
Tahun : 2023
Judul : Kesalahan Penggunaan Afiks dalam Teks Argumentasi dan Relevansinya dengan Penulisan Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : morfologi, afiksasi, teks argumentasi, karya ilmiah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sugit Zulianto, M.Pd.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.