Penulis Utama : Nadila Duwiyanti
NIM / NIP : K4219051
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk-bentuk kesalahan fonologi dan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukoharjo; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukoharjo; dan (3) upaya untuk mengurangi kesalahan fonologi dan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah fonem, morfem, dan kata dalam teks iklan berbahasa Jawa karya siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari dokumen berupa teks iklan berbahasa Jawa karya siswa kelas VIII dan informan yang terdiri dari siswa kelas VIII F lan VIII I, guru bahasa Jawa, dan ahli bahasa Jawa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara pengumpulan hasil tugas siswa, mencatat dokumen atau arsip, dan melalui wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, triangulasi teori dan review informan. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, dengan data utama berupa teks iklan berbahasa Jawa siswa dan transkrip wawancara dengan informan.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) bentuk kesalahan fonologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa siswa dengan jumlah kesalahan 84 atau 83,2% yang terdiri atas kesalahan perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambahan fonem. Bentuk kesalahan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa siswa dengan jumlah kesalahan 17 atau 16,8% yang terdiri atas kesalahan afiksasi dan reduplikasi; (2) faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan fonologi dan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa siswa, diantaranya: kurangnya minat siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa, kurangnya pengetahuan siswa tentang kosakata bahasa Jawa, kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa, kurangnya keterampilan siswa dalam menggunakan bahasa Jawa, dan kurangnya waktu pembelajaran bahasa Jawa; (3) upaya yang digunakan untuk mengurangi kesalahan fonologi dan morfologi dalam penulisan teks iklan berbahasa Jawa siswa, diantaranya: memberikan motivasi belajar kepada siswa, meningkatkan frekuensi membaca untuk menambah kosakata basa Jawa, menggunakan media pembelajaran yang tepat, membiasakan siswa untuk menggunakan bahasa Jawa yang benar dan tepat, memperbanyak latihan menulis, dan tutor sebaya.

×
Penulis Utama : Nadila Duwiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219051
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KALUPUTAN FONOLOGIS LAN MORFOLOGIS SAJRONE PANULISAN TEKS PARIWARA ABASA JAWA KARYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO TAUN AJARAN 2022/ 2023
Edisi :
Imprint : Sur - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: kesalahan fonologi, kesalahan morfologi, teks iklan, bahasa Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum
2. Prima Veronika, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S. M.Pd.
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd.,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.