Penulis Utama : Rafa Amara Haqq
NIM / NIP : V1620080
×

Kegiatan yang berkaitan dengan perjalanan udara, seperti penggunaan pesawat terbang untuk perjalanan dan bandara sebagai infrastruktur, dapat menunjukkan seberapa baik kinerja suatu daerah atau suatu negara. Sebagai penyedia jasa serta pengelola transportasi udara satu-satunya, PT. Angkasa Pura dituntut untuk memberikan layanan dan fasilitas untuk memenuhi harapan dan kebutuhan penumpang pesawat Dengan perkembangan globalisasi yang pesat, kebanyakan orang memilih untuk melakukan perjalanan melalui transportasi udara karena relatif lebih cepat. Dalam upaya meningkatkan keuntungan perusahaan, PT Angkasa Pura I dapat menerapkan strategi bisnis dengan memberikan kenyamanan pada penumpang melalui pelayanannya.

Sebagai salah satu perusahaan BUMN yang berorientasi pada keuntungan/ profit, Angkasa Pura diharapkan mampu memberikan kontribusi besar kepada negara. Strategi yang tepat dalam memenuhi harapan tersebut adalah dengan meningkatkan mutu kualitas. Hal ini ditujukan untuk memperoleh kepuasan penumpang sebagai konsumen perusahaan. Namun, Data Laporan Bulanan CC172 Periode September 2021 menyatakan bahwa fasilitas di PT Angkasa Pura Bandar Udara Adi Soemarmo masih memberi ketidakpuasan penumpang.

Desain penelitian yang digunakan peneliti sebagai rencana penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah responden yang ada pada penelitian ini adalah 43 penumpang pengguna fasilitas ruang tunggu di Bandara Adi Soemarmo. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner melalui Google form kepada responden yang kemudian diolah mengunnakan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dan Excel sebagai alat untuk menghitung rata-rata respon responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian bahwa H0 diterima maka fasilitas ruang tunggu memengaruhi kepuasan penumpang. Berdasarkan perhitungan koefisien regresi X mrnunjukkan bahwa fasilitas ruang tunggu berpengaruh positif terhadap kepuasan penumpang. Pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap kepuasan penumpang sebesar 72% sehingga perusahaan perlu untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan kualitas indikator yang ada. Dalam upaya meningkatkan kepuasan penumpang terhadap fasilitas ruang tunggu disarankan untuk selalu melakukan pemeriksaan pada fasilitas yang disediakan serta memberikan kotak kritik dan saran yang bisa diisi setiap saat oleh penumpang.

×
Penulis Utama : Rafa Amara Haqq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1620080
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu Terhadap Kepuasan Penumpang Di PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adi Soemarmo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Fasilitas, Ruang Tunggu, Kepuasan Penumpang
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ni Komang Septia Noriska, M.M
Penguji : 1. Yohanes Wien Tineka, S.E., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.