Penulis Utama : Mita Eka Amalia Agustin
NIM / NIP : K7119167
×

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan, 2) meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan melalui penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping, dan 3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 1 Klapasawit. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik nontes dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan dilakukan dengan langkah-langkah yaitu: a) penyiapan tongkat dan media mind mapping, b) pembentukan kelompok, c) penyajian materi dengan menggunakan estafet tongkat dan media mind mapping, d) estafet tongkat dengan iringan musik untuk menjawab pertanyaan pada media mind mapping, e) kesimpulan, serta f) evaluasi, 2) penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Klapasawit tahun ajaran 2022/2023, dan 3) kendala dalam penelitian ini yaitu: a) suasana kelas kurang kondusif, b) siswa ketika mengerjakan tugas kelompok bermain sendiri dengan teman satu kelompoknya, c) siswa tidak mematuhi peraturan dalam melaksanakan estafet tongkat, d) siswa kurang aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, dan e) terdapat siswa yang malu untuk menjawab pertanyaan dari guru. Adapun solusi dari kendala yang muncul yaitu a) guru mengingatkan siswa dengan lebih tegas, b) guru menukar tempat duduk dengan anggota kelompok yang lain, c) guru memberikan sanksi yang mendidik (menjawab pertanyaan secara individu) kepada siswa yang melanggar peraturan, d) guru memberikan peringatan penghargaan berupa tambahan nilai untuk kelompok terbaik, dan e) guru memberikan poin tambahan kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Talking Stick dengan media mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SDN 1 Klapasawit tahun ajaran 2022/2023.

×
Penulis Utama : Mita Eka Amalia Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119167
Tahun : 2023
Judul : Penerapan Model Talking Stick dengan Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan pada Siswa Kelas V SDN 1 Klapasawit Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Talking Stick, Media Mind Mapping, IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari,M.Si.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.