Penulis Utama : Ikhsan Al Hikmah
NIM / NIP : B0119030
×

Ikhsan Al Hikmah, B0119030, 2023. Referensi Pronomina Persona Bahasa Jawa dalam Novel Tumusing Panalangsa Karya Mas Siswamiharja (Kajian Wacana). Skripsi: Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini membahas tentang: (1) bentuk referensi pronomina persona bahasa Jawa yang terdapat dalam novel TP karya Mas Siswamiharja, (2) korelasi referensi pronomina persona bahasa Jawa dengan pemunculan tokoh dan penggunaan sudut pandang pengarang dalam novel TP  karya Mas Siswamiharja.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk referensi pronomina persona bahasa Jawa yang terdapat dalam novel TP karya Mas Siswamiharja, (2) mendeskripsikan korelasi referensi pronomina persona bahasa Jawa dengan pemunculan tokoh dan penggunaan sudut pandang pengarang dalam novel TP  karya Mas Siswamiharja.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah narasi dan dialog antartokoh di dalam novel Tumusing Panalangsa karya Mas Siswamiharja yang didalamnya terdapat referensi pronomina persona. Sumber data pada penelitian ini adalah hasil alih aksara novel berjudul Tumusing Panalangsa karya Mas Siswamiharja, yang diterbitkan pada tahun 1930 oleh Balaipustaka, menggunakan aksara Jawa, terdiri dari 6 bab, dan 69 halaman. Alih aksara dilakukan oleh Bobby Sidqillah Febriansyah, Nur Lailatul Khasanah, dan Yulinda Ayu Kusuma Widariyasih pada tahun 2022. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan diikuti dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode distribusional (agih) dengan teknik dasar bagi unsur langsung (BUL). Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode informal dan formal.

Hasil analisis data yaitu bentuk referensi pronomina persona (RPP) pertama (persona I), kedua (persona II), dan ketiga (persona III) bahasa Jawa tunggal bentuk bebas, tunggal bentuk terikat, serta jamak dalam novel TP karya Mas Siswamiharja. Pada novel TP  karya Mas Siswamiharja bentuk RPP I (persona I) dan RPP II (persona II) bahasa Jawa yang sering digunakan adalah tunggal bentuk bebas. Sementara bentuk RPP III (persona III) bahasa Jawa yang sering ditampilkan adalah tunggal bentuk terikat lekat kanan. Penggunaan pronomina persona pertama (persona I), pronomina persona kedua (persona II), dan pronomina persona ketiga (persona III) bahasa Jawa tunggal bentuk bebas, tunggal bentuk terikat, serta jamak dapat menerangkan pemunculan tokoh dan penggunaan sudut pandang pengarang novel TP  karya Mas Siswamiharja yaitu sebagai orang ketiga serba tahu.

×
Penulis Utama : Ikhsan Al Hikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119030
Tahun : 2023
Judul : Referensi Pronomina Persona Bahasa Jawa Dalam Novel Tumusing Panalangsa Karya Mas Siswamiharja (Kajian Wacana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : wacana, referensi pronomina persona, Tumusing Panalangsa karya Mas Siswamiharja
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah Rais, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.