Penulis Utama : Andri Aulia Rahman
NIM / NIP : K3216006
×

Andri Aulia Rahman. K3216006. PELATIHAN ANIMASI 2D BERBASIS APLIKASI FLIPACLIP DI KOMUITAS TITIK TEMU SOLO. Skirpsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelatihan animasi 2d berbasis aplikasi flipaclip di Komunitas Titik Temu Solo. (2) Visualisasi karya animasi 2d berbasis aplikasi flipaclip di Komunitas Titik Temu Solo. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Sumber data yang digunakan : informan yaitu Nur Udin, selaku salah satu pendiri Komunitas Titik Temu Solo, Alfin Fadholi selaku pengajar dan praktisi animasi, anggota komunitas, tempat dan peristiwa serta dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara mendalam, observasi partisipatif serta analisis arsip dan dokumen. Uji validasi data yang digunakan: triangulasi teknik review informan. Analisis data yang digunakan adalah model interactive.
Berdasarkan hasil penelitian ini, pelatihan animasi 2d berbasis aplikasi flipaclip di Komunitas Titik Temu Solo menggunakan aplikasi whatsapp kemudian dan dapat disimpulkan : Pertama, pelatihan animasi 2d berbasis aplikasi flipaclip di Komunitas Titik Temu Solo berjalan dengan baik, (1) pelatihan animasi 2d berbasis aplikasi flipaclip bertujuan untuk peserta memahami dasar-dasar dari animasi serta dapat memvisualisakan dalam bentuk video, (2) pengajar mempunyai kompetensi yang sesuai dan memiliki integritas. (3) peserta didik pada kelas saling interaktif, (4) materi pelatihan melingkupi sketsa karakter, coloring background dan memberikan backsound, (5) media pelatihan yaitu video tutorial, (6) metode yang digunakan adalah metode tanya jawab, penugasan dan ceramah, (7) evaluasi pelatihan dari segi dari segi gerakan smooth animasi, karter, coloring, background dan backsound kemudian dari sikap disiplin dalam mengumpulkan tugas. Berdasarkan evaluasi peserta dapat menguasai materi yang telah diberikan. Faktor pendukung pelatihan animasi 2d di Komunitas Titik Temu Solo yaitu pengajar pelatihan animasi yang berkompeten, baik dari segi skill dan juga kemampuan saat membimbing peserta dalam membantu pelatihan. Faktor penghambat yaitu terdapat beberapa peserta yang tidak mentaati peraturan dengan tidak mengumpulkan tugas dengan batas waktu yang sudah diberikan, hal ini berakibat pada proses melakukan evaluasi oleh pengajar, waktu evaluasi menjadi mundur, dengan hampir atau bahkan melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

×
Penulis Utama : Andri Aulia Rahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3216006
Tahun : 2023
Judul : PELATIHAN ANIMASI 2D BERBASIS APLIKASI FLIPACLIP DI KOMUNITAS TITIK TEMU
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Nonformal, Pelatihan Online, animasi 2d flipaclip
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn
2. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Margana, M.Sn
2. Dr. Endang Widiyastuti, S,Pd, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.