Penulis Utama : Puji Dwi Rahayu
NIM / NIP : K7119213
×

Puji Dwi Rahayu. K7119213. Pembimbing I: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. Pembimbing II: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. PENGEMBANGAN LKPD PROJECT BASED LEARNING MATA PELAJARAN SENI RUPA MATERI SHADOW PUPPET (WAYANG) DI KELAS IV SD N 2 KEBADONGAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet kelas IV (2) menganalisis kelayakan LKPD project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet kelas IV (3) menguji keefektifan LKPD project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet kelas IV.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (RnD). Model pengembangan yang digunakan merujuk pada pendapat Sukmadinata yang diadopsi dari Borg and Gall yang terdiri atas 3 langkah meliputi studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pengujian produk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pengembangan LKPD dilakukan melalui tiga langkah yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk; (2) kelayakan LKPD berbasis project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) diperoleh dari uji validasi dengan hasil rata-rata skor Indeks Aiken V sebesar 0,88 termasuk dalam kriteria sangat valid, analisis berupa komentar, saran dan kritik dari validator ahli bahasa, materi dan media, serta penilaian respon dari pendidik dan peserta didik kelompok eksperimen sebesar 0,68 termasuk dalam kriteria valid, sehingga menunjukkan bahwa LKPD berbasis project based learning layak digunakan dalam pembelajaran. (3) keefektifan LKPD berbasis project based learning mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) diperoleh dari hasil uji n-gain tertinggi pada kelompok eksperimen sebesar 0,48 termasuk dalam kategori sedang dan effect size sebesar 1,15 termasuk dalam kategori efek kuat, maka dapat disimpulkan bahwa LKPD efektif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) di kelas IV sekolah dasar. Pengembangan LKPD berbasis project based learning pada mata pelajaran seni rupa materi shadow puppet (wayang) dilakukan secara terstruktur, teruji kelayakan, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Puji Dwi Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7119213
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan LKPD Project Based Learning Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Shadow Puppet (Wayang) di Kelas IV SDN 2 Kebadongan Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : LKPD project based learning, seni rupa, shadow puppet
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M.Pd.
2. Dr. Moh. Salimi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.