Penulis Utama : Afifa Candra Ardhia Pramesti
NIM / NIP : K2319003
×

Afifa Candra Ardhia Pramesti. K2319003. Pembimbing I: Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd. Pembimbing II: Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PHYSICS EXPLOSION BOX BERBASIS EDUTAINMENT PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SMA. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan spesifikasi media pembelajaran Physics Explosion Box berbasis edutainment pada materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA, dan (2) mengetahui hasil validasi media pembelajaran Physics Explosion Box berbasis edutainment pada materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Sumber data dalam penelitian ini adalah ahli yaitu dosen Pendidikan Fisika FKIP UNS, guru mata pelajaran Fisika, dan peserta didik. Tempat penelitian dilakukan di tiga sekolah yang berbeda yaitu SMA Negeri 1 Kartasura, SMA Negeri 2 Sukoharjo, dan SMA Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan teknik triangulasi untuk data kualitatif dan teknik statistik deskriptif untuk data kuantitatif.

Berdasarkan prosedur pengembangan yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: (1) Media pembelajaran Physics Explosion Box berbasis edutainment yang berfokus pada materi Fluida Dinamis untuk peserta didik Kelas XI SMA berhasil dikembangkan dengan spesifikasi seluruhnya terbuat dari bahan kertas yang terdiri dari 3 lapisan dengan tutup serta wadah mika. Bagian luar box dan tutup terbuat dari yellow board dengan ketebalan 3 mm, sedangkan 2 lapisan di dalamnya terbuat dari kertas german dan kertas jasmine. Media pembelajaran Physics Explosion Box memuat penjelasan setiap sub-materi, LKPD, contoh soal dan pembahasan, rangkuman, soal evaluasi, kunci jawaban LKPD dan soal evaluasi, serta kotak hadiah yang berada di tengah, (2) Media pembelajaran Physics Explosion Box berbasis edutainment pada materi Fluida Dinamis untuk peserta didik Kelas XI SMA dinyatakan memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 192 berdasarkan validasi ahli, memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 200,3 berdasarkan penilaian guru, dan memenuhi kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 21,5 berdasarkan uji coba peserta didik.

×
Penulis Utama : Afifa Candra Ardhia Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2319003
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Physics Explosion Box Berbasis Edutainment pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Edutainment, Explosion Box, Fisika, Fluida Dinamis, Media Pembelajaran
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
Penguji : 1. Anif Jamaluddin, S.Si, M.Si, Ph.D.
2. Dyah Fitriana Masithoh, S.Si, M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.