Penulis Utama : Ade Sandhy Atmaja
NIM / NIP : S942108002
×

Pembangunan infrastruktur jalan yang memadai memiliki dampak positif terhadap kelancaran pendistribusian barang dan jasa, selain itu juga berperan sebagai sarana untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya, mewujudkan pemerataan, dan penyebaran pembangunan. Dalam konteks ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis mengenai pengaruh kinerja jalan nasional rute angkutan barang ruas jalan lingkar uatara terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Sragen dan faktor yang mempengaruhi distribusi angkutan barang di Kabupaten Sragen.

Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara dan pendistribusian kuesioner kepada pengendara angkutan barang mengenai persepsinya terhadap faktor yang mempengaruhi distribusi angkutan barang ruas jalan lingkar utara di Kabupaten Sragen. Faktor-faktor tersebut yaitu faktor keamanan, faktor kenyamanan, faktor kemudahan akses dan faktor biaya. Data sekunder diperoleh dari pihak terkait mengenai kinerja jalan nasional ruas jalan lingkar utara, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kecamatan, dan Pendapatan perkapita per kecamatan di Kabupaten Sragen. Kedua data masing-masing dianalisis menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi Smart Partial Least Square (PLS) untuk memperoleh besar hubungan dan pengaruhnya terhadap masing-masing variabel yang ada.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja jalan nasional pada jalan lingkar utara tahun 2018-2021 menggunakan metode Road Condition Index (RCI) memiliki nilai indeks rata-rata sebesar 6,67, menunjukkan kondisi jalan yang baik. Kinerja jalan nasional ruas jalan lingkar utara berkorelasi sedang (0,438) terhadap PDRB per kecamatan dengan pendekatan konsumsi rumah tangga, bersifat positif dan signifikan serta memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 19,2% sedangkan, sisanya sebesar 80,8% dijelaskan oleh variabel lainnya. Pengaruh Kinerja jalan nasional ruas jalan lingkar terhadap Pendapatan perkapita per kecamatan memiliki korelasi sedang (0,371), bersifat positif dan signifikan serta memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 13,8%, sedangkan sisanya sebesar 86,2% dijelaskan oleh variabel lainnya. Faktor distribusi angkutan barang yang dipengaruhi oleh kinerja jalan nasional ruas jalan lingkar utara di Kabupaten Sragen berdasarkan persepsi masyarakat yaitu, faktor biaya dengan indikator pada biaya penggunaan bahan dan perawatan kendaraan, faktor kemudahan akses dengan indikator pilihan rute angkutan barang, keterlambatan pendistribusian barang, dan waktu tempuh rata-rata, serta faktor kenyaman dengan indikator perlambatan laju kendaraan, kecemasan melewati jalan rusak, dan kestabilan kendaraan.

×
Penulis Utama : Ade Sandhy Atmaja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S942108002
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Kinerja Jalan Nasional Rute Angkutan Barang Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-2 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kinerja jalan; rute angkutan barang; pengaruh; pertumbuhan ekonomi; dan ekonomi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Ir. Budi Yulianto, S.T, M.Sc., Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Fajar Sri Handayani, S.T., M.T.
2. Dr. Florentina Pungky Pramesti, S.T., M.T.
Catatan Umum : tidak ada DOI (https://iccs.umy.ac.id/)
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.