Penulis Utama : Fadhilah Luthfi Nur Abidah
NIM / NIP : K4219025
×

Fadhilah Luthfi Nur Abidah. K4219025. ANALISIS KONFLIK LAN REALITAS SOSIAL SAJRONE ANTOLOGI CRIKAK “ALUN ISIH GUMULUNG” ANGGITANE J.F.X HOERY SARTA RELEVANSINE KARO BAHAN AJAR PASINAON BASA JAWA ING SMA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Juni 2023.

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra berwujud prosa yang memiliki cerita dan permasalahan dalam kehidupan masyarakat. Cerpen meskipun ceritanya pendek namun mengandung pesan yang bisa menjadi pembelajaran, maka bisa digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery, mendeskripsikan realitas sosial dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery, mendeskripsikan relevansi konflik dan realitas sosial dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery sebagai bahan ajar dalam pemebelajaran bahasa Jawa SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini dokumen yaitu antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery, dan informan yaitu guru bahasa Jawa, siswa, dan ahli sastra. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis dokumen dan wawancara dengan informan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan analisis mengalir. Prosedur penelitian meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap akhir. Hasil penelitian ini adalah: pertama, konflik dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery terdapat dua jenis yaitu konflik pribadi dan konflik antar kelas-kelas sosial. Kedua, realitas sosial dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery terdapat lima jenis yaitu interaksi sosial, kebudayaan, nilai dan norma sosial, stratifikasi sosial, status dan peran sosial. Ketiga, hasil analisis konflik dan realitas sosial dalam antologi cerpen Alun Isih Gumulung karya JFX Hoery bisa direlevansikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Jawa SMA. Hal tesebut dijelaskan oleh informan yaitu guru bahasa Jawa, siswa SMA, dan ahli sastra. Antologi cerpen tersebut sesuai dengan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Jawa SMA kelas X semester gasal, menurut informan antologi cerpen tersebut menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dipahami, terdapat banyak konflik dan realitas sosial yang mengandung pesan yang bisa diambil manfaatnya untuk pembelajaran dalam kehidupan para siswa.

×
Penulis Utama : Fadhilah Luthfi Nur Abidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4219025
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS KONFLIK LAN REALITAS SOSIAL SAJRONE ANTOLOGI CRIKAK ALUN ISIH GUMULUNG ANGGITANE J.F.X HOERY SARTA RELEVANSINE KARO BAHAN AJAR PASINAON BASA JAWA ING SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Konflik, Realitas sosial, Cerpen, Bahan ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Waluyo, S.S., M.Pd.
2. Rahmat, S.S., M.A.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.