Penulis Utama : Refa Agnasari
NIM / NIP : S851908031
×

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) Research and Development dengan mengembangan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Adobe Flash CS6 dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis yang valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik SMP Negeri 1 Merbau Mataram.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Merbau Mataram. Instrumen yang digunakan antara lain lembar penilaian oleh ahli, angket kepraktisan respons peserta didik, dan tes kemampuan pemahaman matematis (posttest). Teknik analisis data yang dilakukan berupa validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kevalidan produk diukur dari lembar validasi ahli materi dan media. Kepraktisan produk diukur dari hasil angket respons peserta didik. Keefektifan produk diukur dari uji hipotesis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Kualitas e-modul dilihat dari aspek kelayakan termasuk dalam klasifikasi sangat baik dengan rerata skor penilaian ahli materi sebesar 4,40 dan rerata skor penilaian e-modul oleh ahli media sebesar 4,58 pada rentang skor skala 5,00. Untuk aspek kepraktisan, e-modul tersebut dinyatakan praktis dengan rerata skor angket respons peserta didik yaitu 4,40 yang termasuk dalam klasifikasi sangat baik. Dari aspek keefektifan, e-modul tersebut dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji hipotesis dimana terdapat perbedaan rerata antara kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas eksperimen dengan rerata kemampuan pemahaman matematis kelas kontrol.

×
Penulis Utama : Refa Agnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851908031
Tahun : 2023
Judul : PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ADOBE FLASH CS6 DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 MERBAU MATARAM
Edisi :
Imprint : Solo - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : E-modul, Adobe Flash CS6, kontekstual, pemahaman matematis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usoodo, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Farida Nurhasanah, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.