Penulis Utama : Aninda Lebryana Putri
NIM / NIP : K3116005
×

Aninda Lebryana Putri. STUDI KEPUSTAKAAN PENERAPAN VIDEO SELF MODELING DALAM KONSELING. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2023.

Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji penerapan video self modeling dalam konseling yang meliputi, tujuan, sasaran, prosedur, dan keberhasilan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan. Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 22 artikel internasional dan 2 artikel nasional yang dipublikasikan tahun 2015-2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi (analisis dokumentasi). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi. Data tentang penerapan video self modeling dalam konseling yang sudah ditemukan, dikumpulkan, dan dianalisis akan diperiksa keabsahannya melalui pengecekan pustaka yang berhubungan dengan penerapan video self modeling serta sesuai dengan komentar pembimbing.

Hasil dari penelitian ini, yaitu 1) Tujuan penerapan video self modeling dalam konseling adalah meningkatkan perilaku dan keterampilan yang sudah ada, menurunkan atau mengubah perilaku yang ada, serta mengajarkan keterampilan yang baru. 2) Sasaran penerapan video self modeling dalam konseling adalah siswa usia sekolah (prasekolah hingga perguruan tinggi) hingga usia orang dewasa. 3) Prosedur penerapan video self modeling dalam konseling, yaitu merasionalkan perilaku, merasionalkan proses konseling, merekam perilaku yang diharapkan, mengedit hasil rekaman, menayangkan hasil rekaman, dan mengevaluasi hasil. 4) Keberhasilan penerapan video self modeling dalam konseling, yaitu video self modeling efektif dan berhasil dalam menyelesaikan berbagai permasalahan konseli, selain itu peningkatan perilaku yang diinginkan, peningkatan keterampilan sosial, peningkatan kemampuan dalam membaca dan berbicara, penurunan perilaku sosial yang tidak pantas, penurunan perilaku agresif, meningkatnya kesadaran diri, adanya rasa puas dan bahagia, hilangnya rasa cemas dan terbentuknya pikiran rasional, munculnya motivasi, serta tumbuhnya rasa percaya diri.

Hasil penelitian studi kepustakaan ini, dapat dijadikan salah satu pilihan bagi konselor dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling dengan video self modeling. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi dan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya mengenai video self modeling.

×
Penulis Utama : Aninda Lebryana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116005
Tahun : 2023
Judul : Studi Kepustakaan Penerapan Video Self Modeling dalam Konseling
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : studi kepustakaan, video self modeling, penerapan, konseling
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.