Penulis Utama : Rahmat Catur Abdian
NIM / NIP : S862108005
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan bahan ajar yang selama ini digunakan di SMA Negeri Kota Surabaya, (2) Mendeskripsikan pengembangan buku digital sejarah perjuangan Bung Tomo berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri Kota Surabaya, (3) Mendeskripsikan keefektifan buku digital sejarah perjuangan Bung Tomo berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMA  Negeri Kota Surabaya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dalam penelitian ini menggunakan desain model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bahan ajar sejarah yang selama ini digunakan di SMA Negeri Kota Surabaya masih bersifat konvensional, seperti buku paket, Lembar Kerja Siswa (LKS), power point, dan media film. Hasil analisis sikap nasionalisme siswa masih tergolong rendah dengan persentase sebesar 37,75%. Berdasarkan analisis kebutuhan diperlukan buku digital sejarah yang mampu meningkatkan sikap nasionalisme siswa. 2) Pengembangan produk menggunakan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis (analisis kebutuhan), berisi terkait studi literatur, studi lapangan, analisis kebutuhan guru dan siswa. Design (desain buku digital), berisi  terkait desain awal dari buku digital yang di dalamnya dilengkapi dengan materi berupa teks, gambar, audio, video, dan soal evaluasi. Development (pengembangan), berisi terkait validasi ahli dan uji coba buku digital dengan hasil kriteria sangat baik. Implementation (implementasi), berisi terkait penggunaan buku digital pada siswa di kelas eksperimen. Evaluation (evaluasi), berisi terkait uji keefektifan buku digital. 3) Keefektifan buku digital diukur dengan menggunakan uji t pada angket sikap nasionalisme siswa menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0> ttabel 1.993 dan thitung 4.660 > ttabel 1.995.  Hasil tersebut menunjukkan bahwasanya buku digital sejarah perjuangan Bung Tomo berbasis Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif untuk meningkatkan sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri Kota Surabaya.

×
Penulis Utama : Rahmat Catur Abdian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S862108005
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Buku Digital Sejarah Perjuangan Bung Tomo Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa di SMA Negeri Kota Surabaya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Digital, Sejarah, Bung Tomo, Nasionalisme.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://dx.doi.org/10.37500/IJESSR.2022.5613
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Leo Agung Sutimin, M.P.d.
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.