Penulis Utama : Elly Hidayati
NIM / NIP : V0720030
×

Pangan merupakan kebutuhan vital bagi manusia yang dapat menentukan stabilitas dan kedaulatan nasional. Ketahanan pangan menjadi hal yang sangat penting karena akan berdampak terhadap berbagai sektor dalam tata kelola negara. Perum BULOG sebagai Badan Usaha Milik Negara bertugas sebagai operator dalam hal pelaksanaan kewajiban dan pelayanan publik (Public Service Obligation (PSO)) untuk menjaga ketahanan pangan yaitu dalam hal upaya stabilisasi harga dan penyebaran stok pangan di Indonesia melalui kegiatan penyaluran dan penjualan pangan bersubsidi, yaitu beras. Guna menunjang aktivitas penjualan tersebut dibutuhkan Sistem Pemrosesan Transaksi menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk memperlancar kegiatan penjualan beras. Pengamatan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Sistem Pemrosesan Transaksi Penjualan Beras melalui Enterprise Resource Planning (ERP) di Perum BULOG Kantor Cabang Surakarta.
Penulisan Tugas Akhir ini menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dan informasi yang ada di perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi partisipatif, wawancara, dan mengkaji dokumen dan arsip. Proses yang dilakukan dalam pengamatan ini yaitu mengamati sistem yang digunakan perusahaan dan berpartisipasi dalam proses transaksi penjualan beras melalui Enterprise Resource Planning (ERP).
Hasil pengamatan mendeskripsikan bahwa Sistem Pemrosesan Transaksi Penjualan Beras melalui Enterprise Resource Planning (ERP) di Perum BULOG Kantor Cabang Surakarta secara garis beras terdiri dari beberapa tahap yaitu pendaftaran pelanggan atau penyalur, pemrosesan penjualan melalui sistem Enterprise Resource Planning (ERP), dan proses pengeluaran barang oleh gudang. Sistem pemrosesan transaksi penjualan beras tersebut terdiri dari komponen-komponen yang menunjang keberlangsungan sistem diantaranya: 1) Input 2) Proses 3) Penyimpanan dan 5) Output. Kendala yang terjadi dalam pengamatan ini yaitu adanya human error, perangkat komputer yang kurang mendukung, dan terjadinya error pada sistem.

×
Penulis Utama : Elly Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0720030
Tahun : 2023
Judul : Sistem Pemrosesan Transaksi Penjualan Beras melalui Enterprise Resource Planning (ERP) Di Perum BULOG Kantor Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem Pemrosesan Transaksi, Penjualan Beras, Enterprise Resource Planning
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Irsyadul Ibad, S.AB., M.Ed., M.Si.
Penguji : 1. Fahmi Ulin Ni'mah, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.