Penulis Utama : Rudi Bayu Setiawan
NIM / NIP : K4419073
×

Rudi Bayu Setiawan. K4419073. Pembimbing I: Dr. Musa Pelu, S. Pd, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Hieronymus Purwanta, M. A. IMPLEMENTASI PROFIL 
PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2023. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis perencanaan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Surakarta, (2) menganalisis implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pelaksanaan pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Surakarta, (3) menganalisis evaluasi implementasi Profil Pelajar  Pancasila dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sejarah, informan  (wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru Sejarah kelas X1-X3, guru Sejarah kelas X4-X11, dan peserta didik kelas X), dan dokumentasi (modul ajar, media pembelajaran, dan instrumen penilaian sebaya). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan time sampling. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi berpartisipasi pasif, studi dokumen, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang dimulai sejak pengumpulan data, kemudian data direduksi dan disajikan dalam sajian data, sehingga peniliti dapat menarik simpulan dan verifikasi setelah pengumpulan data selesai.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Sejarah dilakukan dengan mempersiapkan modul ajar beserta instrumen penilaian diagnostik, formatif, dan sumatif yang diintegrasikan dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila. (2) Proses pembelajaran Sejarah dilakukan dengan menyenangkan, memotivasi, dan berpusat kepada peserta didik. Pembelajaran Sejarah mengembangkan karakter sesuai dengan modul ajar sebagai perencanaan pembelajaran. (3) 
Guru mengevaluasi implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Sejarah menggunakan asesmen formatif untuk menilai sikap peserta didik dengan aspek karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang tercantum dalam modul ajar Sejarah. Pelaksanaan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah memiliki faktor pendukung eksternal berupa dukungan MGMP, pembelajaran kokurikuler, dan budaya sekolah. Faktor pendukung internal berupa materi pelajaran Sejarah yang fleksibel dapat menerapkan setiap dimensi karakter dalam Profil Pelajar Pancasila. Faktor penghambat yaitu Guru merasa kesulitan membuat berbagai asesmen penilaian yang menyesuaikan dengan pembelajaran berdiferensiasi.

 

×
Penulis Utama : Rudi Bayu Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4419073
Tahun : 2023
Judul : Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Profil pelajar Pancasila, Sejarah, Implementasi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S. Pd, M. Pd.
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M. A.
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M. Pd, M. Hum.
2. Nur Fatah Abidin, S. Pd, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.