Penulis Utama : Syaifulloh Khoiri Aristyo Utomo
NIM / NIP : V0220064
×

Syaifulloh Khoiri Aristyo Utomo, V0220064. 2023. Strategi Pemasaran Elsa Tour and Travel Kabupaten Sukoharjo dalam Menghadapi Online Travel Agent. Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Pada era digital ini, media sosial merupakan wadah promosi yang dapat dijangkau, diakses dengan mudah, dan informasi lebih cepat ditangkap semua orang. Namun, sampai saat ini promosi yang dilakukan oleh biro Elsa Tour and Travel masih secara konvensional yaitu menggunakan metode “door to door” ke sekolah dan instansi. Padahal sekarang banyak biro perjalanan wisata yang aktif dalam mempromosikan produk jasanya di media sosial. Untuk mempertahankan eksistensinya Elsa Tour and Travel lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran, kendala, dan solusi Elsa Tour and Travel dalam menghadapi online travel agent serta menyusun inovasi berkelanjutan yang dapat diterapkan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan pemilik biro dan observasi secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, yakni teknik analisis data yang tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka, melainkan memberi paparan dalam bentuk uraian naratif.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan konsep pemasaran Elsa Tour and Travel yang terdiri dari 4 elemen disebut dengan 4P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), dan Promotion (Promosi). Akan tetapi dalam metode promosi, Elsa Tour and Travel belum memiliki strategi pemasaran untuk menghadapi biro perjalanan wisata yang sudah melakukan promosi secara online. Dalam memasarkan produknya di era digital Elsa Tour and Travel memiliki beberapa kendala yaitu persaingan dengan biro perjalanan wisata yang sudah melakukan promosi dengan metode digital marketing dan persaingan harga antara biro perjalanan wisata lain.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pemasaran Elsa Tour and Travel dalam menghadapi online travel agent sampai saat ini belum adanya strategi pemasaran khusus karena Elsa Tour and Travel merupakan biro konvensional yang belum memiliki staf khusus atau SDM yang mumpuni dalam bersaing dengan OTA. Kendala yang ditemukan sudah disikapi dengan profesional dan ditemukan juga solusi untuk menanganinya. Serta adanya inovasi yang diberikan penulis untuk menjaga keberlangsungan perusahaan biro Elsa Tour and Travel.

×
Penulis Utama : Syaifulloh Khoiri Aristyo Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0220064
Tahun : 2023
Judul : Strategi Pemasaran Elsa Tour and Travel Kabupaten Sukoharjo dalam Menghadapi Online Travel Agent
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : strategi, pemasaran, biro perjalanan wisata, online travel agent, media sosial.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Alma Huwaida Ramadhani, S.S, M.A.
Penguji : 1. Nanang Wijayanto, S,ST. Par., M.M. Par.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.