Penulis Utama : Muwafaqoh Ni'amillah
NIM / NIP : B0219039
×

Muwafaqoh Ni’amillah. B0219039. 2023. Hikayat Raja Nadhir Syah: Suntingan Teks dan Kajian Nilai Pendidikan Karakter. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana suntingan teks Hikayat Raja Nadhir Syah? (2) bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks Hikayat Raja Nadhir Syah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) menghadirkan suntingan teks Hikayat Raja Nadhir Syah yang baik dan benar; baik dalam artian menyajikan sebuah suntingan teks yang mudah dipahami pembaca pada umumnya, dan benar dalam artian menyuguhkan sebuah suntingan yang kebenaran isi teks tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah; (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam teks Hikayat Raja Nadhir Syah.

Penelitian ini menggunakan analisis struktur yang berfokus pada karakter untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung di dalam isi teks. Sumber data yang digunakan yaitu naskah Hikayat Raja Nadhir Syah berkode Malayo Polynesian 62 koleksi Perpustakaan Nasional Prancis. Metode penyuntingan yang digunakan adalah metode standar. Data diperoleh dari mengunduh teks digital Hikayat Raja Nadhir Syah dalam format pdf dari laman resmi Perpustakaan Nasional Prancis. Data penelitian menggunakan teknik pustaka. Teknik pengolahan data penelitian meliputi tahap deskripsi, tahap analisis, dan penarikan kesimpulan.

Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut (1) penghadiran suntingan teks Hikayat Raja Nadhir Syah menunjukkan bahwa terdapat kesalahan salin tulis dan ketidakkonsistenan penulisan sebanyak 32 dengan rincian 3 adisi, 5 lakuna, 4 substitusi, 18 ketidakkonsistenan, dan 2 dittografi; dan (2) analisis karakter menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Hikayat Raja Nadhir Syah ada 6, yaitu: nilai religius pada tokoh rakyat Negeri Keling, nilai dermawan pada Raja Keling dan Dali, nilai pemberani pada Raja Keling dan Dali, nilai patuh pada Mangkubumi, hulubalang, dan pahlawan, nilai adil pada Raja Keling dan Raja Dali, dan nilai musyawarah pada semua tokoh.

×
Penulis Utama : Muwafaqoh Ni'amillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219039
Tahun : 2023
Judul : Hikayat Raja Nadhir Syah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Hikayat Raja Nadhir Syah, suntingan, nilai pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.