Penulis Utama : Reza Setia Fauzi
NIM / NIP : B0418050
×

Reza Setia Fauzi B0418050, 2023. Pembangunan Jalur Kereta Api dan Pengaruhnya pada Perkembangan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Purworejo 1887-1930. Skripsi. Program Studi Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Penelitian ini membahas tentang pembangunan jalur kereta api dan pengaruhnya pada perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Purworejo 1887-1930 dengan permasalahan yang diangkat adalah (1) apa latar belakang pembangunan jalur kereta api di Kabupaten Purworejo (2) Apa kendala yang dihadapi dalam pembangunan jalur kereta api di Kabupaten Purworejo dan (3) apa pengaruh jalur kereta api terhadap perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Purworejo tahun 1887-1930. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui latar belakang pembangunan, kendala dan pengaruh dari masuknya transportasi kereta api bagi perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Kabupaten Purworejo di tahun 1887-1930.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah. Metode ini memiliki memiliki lima tahapan (1) pemilihan topik, (2) pengumpulan sumber, (3) verifikasi sumber, (4) interpretasi dan (5) penulisan sejarah. Data primer yang digunakan dalam penulisan skripsi ini berupa dokumen dan surat kabar sezaman seperti, Besluit dan Staatsblad dengan tema terkait, Surat kabar terbitan De Locomotief dan Bataviaasch Handelsblad, serta Laporan tahunan milik Staatsspoorwegen.

Dari analisis sumber-sumber yang ditemukan dapat diketahui bahwa alasan dari pembangunan jalur kereta api di wilayah Kabupaten Purworejo adalah untuk menghubungkan antara sistem pertahanan militer dan angkutan komoditas ke pelabuhan. Wilayah Purworejo merupakan daerah yang strategis dengan garnisun militer Kedung Kebo sebagai pertahanan di wilayah selatan Jawa yang memiliki perbatasan dengan Yogyakarta dan Magelang. Kendala yang dialami dalam pembangunan jalur kereta api adalah masalah keuangan, kondisi musim yang tidak menentu dan penyebaran penyakit. Masuknya kereta api di Kabupaten Purworejo memberikan dampak keterbukaan di bidang sosial dan ekonomi masyarakat Purworejo.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa masuknya transportasi kereta api di Kabupaten Purworejo memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat. Pembangunan Stasiun Kutoarjo dan Stasiun Purworejo memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk bepergian. Pembangunan stasiun utama di Kutoarjo dan Purworejo memberikan pengaruh bagi perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

 

 

×
Penulis Utama : Reza Setia Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0418050
Tahun : 2023
Judul : Pembangunan Jalur Kereta Api dan Pengaruhnya pada Perkembangan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Purworejo 1887-1930
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kereta api; Kabupaten Purworejo; Stasiun Purworejo.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waskito Widi Wardojo, S.S, M.A.
2. Dr. Susanto, M. Hum.
Penguji : 1. Dr. Asti Kurniawati, S.S, M.Hum.
2. Dr. Harto Juwono, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.