Penulis Utama : Apriliyana Puji Muharomah
NIM / NIP : C0918003
×

Apriliyana Puji Muharomah. C0918003. 2022. “Pemanfaatan Teknik Imbuhan dan Material Kaleng Bekas dalam Perancangan Tekstil Hiasan Dinding Bertema Bullying di Lingkungan Sekolah”. Program Studi Kriya Seni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret.

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus bullying di lingkungan sekolah, sehingga sebagai bentuk upaya pencegahan penulis menciptakan karya ekspresi hiasan dinding sebagai media sosialisasi tentang bullying. Karya ekspresi sebagai media komunikasi antara seniman dan penikmat/penghayat seni haruslah ditempatkan pada tempat yang strategis. Salah satu tempat yang strategis untuk menempatkan karya ekspresi adalah dinding. Hal ini karena dinding merupakan elemen interior yang terbentang secara vertikal dan dominan pada suatu ruang, sehingga penempatan karya pada dinding akan membuat karya lebih mendapat perhatian.

Pada pengkaryaan ini ragam hias berasal dari teknik imbuhan yang menggunakan bahan kaleng bekas sebagai bahan pendukung karya. Keunikan hasil teknik tekstil imbuhan sering menjadi pilihan para seniman atau pencipta karya untuk dimanfaatkan dalam menvisualisasikan karyanya, karena dengan penerapan teknik imbuhan akan menampilkan kesan-kesan visual yang berkarakter, dan bertekstur. Selain itu keunikan pada karya ekspresi ini juga tercipta dari pemilihan bahan pendukungnya yaitu kaleng bekas. Kaleng bekas ini akan digunakan untuk membentuk motif-motif pada karya dengan teknik imbuhan sebagai media menyatuan bahan kaleng dengan bahan tekstil.

Pada penciptaan karya ini terdapat beberapa masalah yang secara garis besar permasalahannya ialah bagaimana karya ini menyampaikan pesan pada penikmat/penghayat seni tentang bullying dilingkungan sekolah melalui karya ekspresi berupa produk hiasan dinding dengan teknik imbuhan?. Guna menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang ada teori SP. Gustami digunakan pada penciptaan karya ini.

Hasil dari perancangan ini ialah 5 desain yang salah satunya dipilih untuk direalisasikan. Desain yang dibuat telah dipertimbangkan aspek estetika, aspek material, aspek teknik dan aspek fungsinya.

 

×
Penulis Utama : Apriliyana Puji Muharomah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0918003
Tahun : 2022
Judul : PEMANFAATAN TEKNIK IMBUHAN DAN MATERIAL KALENG BEKAS DALAM PERANCANGAN TEKSTIL HIASAN DINDING BERTEMA BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra dan Seni Rupa - 2022
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bullying, teknik imbuhan, kaleng bekas, hiasan dinding.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn
Penguji : 1. Sujadi R. Hidayat, S.Sn., M.Sn.
2. Ratna Endah Santoso, S.Sn,. M.Sn
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.