Penulis Utama : Jenifa Deviana Nur Safitri
NIM / NIP : B0119033
×

Jenifa Deviana Nur Safitri. B0119033. 2022. Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Utama dalam Novel “Untu Hiu” Karya Asti Pradnya Ratri (Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) keterkaitan unsur yang terlihat pada novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri berdasarkan teori Robert Stanton?; (2) konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri berdasarkan teori Abraham Maslow?; (3) wujud mekanisme pertahanan diri tokoh utama dalam novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri berdasarkan Sigmund Freud dalam Albertine Minderop? Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai dasar untuk memaparkan unsur pembangun novel yang terkait, kemudian menggunakan teori konflik Abraham Maslow dan wujud mekanisme pertahanan diri Sigmund Freud dalam Albertine Minderop.

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mendeskripsikan keterkaitan unsur yang terlihat dalam novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri melalui teori struktural Robert Stanton; (2) mendiskripsikan konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri berdasarkan teori Abraham Maslow; (3) mendeskripsikan wujud mekanisme pertahanan diri tokoh utama dalam novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri berdasarkan Sigmund Freud dalam Albertine Minderop. Manfaat teoritis penelitian ini yaitu memperluas pemahaman dan pengetahuan tentang penelitian bahasa dan sastra Jawa, serta diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu sastra, khususnya dalam tinjauan psikologi sastra agar dapat diterapkan dalam penelitian karya sastra lainnya yang menggunakan pendekatan sejenis. Manfaat praktis penelitian yaitu sebagai tuntunan dalam penelitian lanjutan.

Bentuk penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif untuk penelitian sastra. sumber data berasal dari novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri yang diterbitkan Interlude, Yogyakarta, September 2022. Data  penelitian ini berupa teks novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri yang memuat unsur intrinsik dalam novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model non-interaktif.

Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) secara keseluruhan novel “Untu Hiu” karya Asti Pradnya Ratri menunjukkan kesatuan yang utuh dan satu sama lainnya berkaitan sangat erat. Unsur-unsur struktural yang menunjukkan perjalanan hidup tokoh utama saling terkait sehingga membentuk satu kesatuan yang indah; (2) konflik batin yang dialami oleh tokoh utama setelah ditelaah menggunkan teori Abraham Maslow berupa rasa penasaran, frustasi, terbayang, bingung, kecewa, sakit hati, memori kenangan, dan habisnya harapan; (3) Sekar tidak melakukan pertahanan diri yang berwujud regresi baik berkelakuan seperti anak kecil atau berubah menjadi orang yang tidak berbudaya.

 

Kata kunci: novel “Untu Hiu”, psikologi sastra, mekanisme pertahanan diri,

×
Penulis Utama : Jenifa Deviana Nur Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119033
Tahun : 2023
Judul : Mekanisme Pertahanan Diri Tokoh Utama dalam Novel "Untu Hiu" Karya Asti Pradnya Ratri (Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : novel "Untu Hiu”, psikologi sastra, mekanisme pertahanan diri,
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S. S., M. Hum.
Penguji : 1. Siti Muslifah, S. S., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.