Penulis Utama : Vivitri Wahyu Ningrum
NIM / NIP : K3217077
×

Pembelajaran marketing content yang dikaji dalam penelitian ini adalah digital marketing content di UKM Batik Widi Ngawi. Marketing content yang digunakan UKM Batik Widi Ngawi mengacu pada penggunaan media non-kertas atau paperless sebagai media digital, selain itu sarana marketing yang digunakan mengacu pada promosi batik kepada masyarakat dalam rangka untuk menambah konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran digital marketing content oleh karyawan di UKM Batik Widi Ngawi, 2) mengetahui kendala dalam pelaksanaan pembelajaran digital marketing content oleh karyawan di UKM Batik Widi Ngawi, dan 3) mengetahui hasil karya batik dari digital marketing content UKM Batik Widi Ngawi.
Penelitian ini dilaksanakan UKM Batik Widi Ngawi. Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah pelaksanaan digital marketing content oleh karyawan di UKM Batik Widi Ngawi. Waktu penelitian yang direncanakan adalah Desember 2020 hingga Mei 2021. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen-dokumen yang terkait dengan studi kasus yang dilakukan oleh peneliti. Pengambilan sampel dilakukan dengan
purposive sampling yaitu mengambil data sesuai kebutuhan penelitian. Data yang didapatkan divalidasi dengan teknik triangulasi data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model alir dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian    yang    dilakukan    mendapatkan    hasil    sebagai    berikut.    1) Pembelajaran digital marketing content di UKM Batik Widi Ngawi menggunakan materi berupa pemahaman terhadap media sosial. Metode yang digunakan berupa learning by doing, yaitu menggunakan metode dengan memberikan contoh kepada    karyawan        selaku    peserta        didik    di    bidang    marketing.    Prosedur pembelajaran digital marketing di UKM Batik Widi Ngawi dilakukan dengan melalui tahap awal, inti, dan penutup dan dilakukan dalam empat pertemuan. 2) Kendala dalam internal UKM Batik Widi Ngawi ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran digital marketing di UKM Batik Widi yang menuntut kreativitas dari desain konten pemasaran. Kendala dari luar adalah masyarakat kurang memahami terhadap sistem marketing melalui platform digital. 3) Produk digital marketing di UKM Batik Widi Ngawi dapat dilihat pada tampilan layout dengan ciri khas nuansa orange terracota yang digunakan produk content marketing yang ada pada UKM. Media yang digunakan adalah photoshop dan canva dengan font terror sans, roboto medium dan handwritten sehingga dapat menjangkau berbagai media sosial dan situs belanja online.

Kata Kunci: digital marketing, pembelajaran, UKM Batik Widi Ngawi.

 

×
Penulis Utama : Vivitri Wahyu Ningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3217077
Tahun : 2021
Judul : Kajian Proses Pembelajaran Digital Marketing Content (Studi Kasus Karyawan di UKM Batik Widi Ngawi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K3217077
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M. Si
2. Dr. Basuki Sumartono, M. Sn.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.